Bupati Harris Papar Inovasi Pelalawan di Hadapan Tim Penilai IGA 2019.Kepala Balitbang Kemendagri Respon dan Mengaku Surprise

  • Bagikan
Jakarta, riaudetil.com – Kabupaten Pelalawanberpeluang kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA)  tahun 2019 klaster daerah perbatasan sangat inovatif dengan perbaikan peringkat diposisi 1.Pasalnya, presentasi Bupati Harris terkait perkembangan inovasi di Pelalawan setahun terakhir di hadapan Panel Tim Penilai IGA 2019 dipimpin langsung oleh Kepala Balitbang Kemendagri Drs. Dodi Riyadmadji, MM mendapat respon positif,Kamis (26/9/2019) bertempat di Ruang Operation Room Gedung B Lantai 2 Setjen Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara nomor 7, Jakarta Pusat.
Hal ini dibenarkan Ir. H. M. Syahrul Syarif, M. Si Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan jepada riaudetil.com yang ikut serta dalam presentasi tersebut. Menurutnya, Bupati Harris memaparkan perkembangan inovasi di Kabupaten Pelalawan setahun terakhir ini seperti pengembangan coorporative farming di kuala kampar, pengembangan berbagai e-Goverment, adanya Portal CSR Interaktif,investasi pembinaan ekonomi intensif perempuan kepala rumah tangga dan pastinya teknopolitan.
” Alhamdulillah, Kepala Balitbang Kemendagri  Drs. Dodi Riyadmadji, MM memberi respon sangat baik dan surprise terhadap gerakan Investasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan selama ini, termasuk komitmen mengembangkan teknopolitan,” ujarnya.
Kabupaten Pelalawan dalam tahapan presentasi mendapat jadwal Kamis 26 September 2019 pukul 14.00 hingga 14.30 wib.Namun dikarenakan ada pertemuan Pemkab Pelalawan bersama Kemenko Maritim maka ditunda.  Penilaian presentasi 15 menit untuk waktu presentasi dan 15 menit untuk waktu tanya jawab. Tim penilai terdiri dari 7 orang dari Kemendagri, Kemenristekdikti, Kemenpan – RB, LIPI, LAN dan BPPT.
”  Harusnya presentasi pukul 14.00 wib s, tapi karena waktu bersamaan ada rapat pembahasan pengembangan infrastruktur Pelalawan di Kemenko Maritim, kami minta tunda sore yang di kemendagri untuk presentasinya.Alhamdulillah presentasi berjalan lancar dan mendapat respon positif dari tim penilai, ” terangnya.   
Untuk diketahui, Kabupaten Pelalawan pada tahun 2019 ini kembali masuk dalam nominator peraih penghargaan Innovative Government Award (IGA)  tahun 2019 klaster daerah perbatasan sangat inovatif, setelah pada tahun 2018 lalu berhasil meraih penghargaan IGA di posisi ke – 2 dalam kategori yang sama.
Kementerian Dalam Negeri RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan menyelenggarakan penilaian kepada Pemerintah Daerah inovatif. Penilaian dilakukan dengan mekanisme pengukuran indeks inovasi daerah.
Berkenaan dengan pemberian penghargaan IGA tahun 2019,hasil input data indeks inovasi daerah diperoleh 5 nominator propinsi sangat inovatif, 10 nominator kota sangat inovatif, 10 nominator kabupaten sangat inovatif, 3 nominator daerah sangat inovatif berdasarkan klaster daerah tertinggal dan 3 nominator daerah sangat inovatif berdasarkan klaster daerah perbatasan serta 2 nominator daerah sangat inovatif berdasarkan klaster Kabupaten/Kota Propinsi Papua dan Papua Barat.
Kabupaten Pelalawan sendiri satu dari tiga daerah masuk dalam nominator daerah sangat inovatif berdasarkan klaster daerah perbatasan. 2 pesaing peraih IGA 2019 kategori daerah perbatasan sangat inovatif yakni Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Bengkalis. (ZoelGomes)
  • Bagikan