Dinas Perpustakaan dan Arsip Sukses Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD se – Kabupaten Pelalawan,  Ini Juaranya !!!

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil. com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pelalawan pada, Rabu (4/8/2018) lalu sukses menggelar lomba bercerita tingkat sekolah dasar (SD)  se – kabupaten pelalawan bertempat di halaman perpustakaan umum bersebelahan dengan gedung Akademi Komunitas Nasional (AKN)  Pelalawan jalan maharaja indra lintas timur Pangkalan Kerinci.

Lomba diikuti 9 peserta perwakilan dari 9 kecamatan yang dipilih melalui korwil disetiap kecamatan. Setiap peserta berhak memilih satu judul dari tiga judul yang telah ditetapkan panitia yakni si lancang, ketobong keramat dan bujang buta.Setiap peserta diberi waktu bercerita dengan durasi 18 hingga 20 menit.

Sementara juri penilai berjumlah 5 orang, 3 juri berasal dari Dinas perpustakaan dan kearsipan propinsi riau dan 2 juri lainnya berasal dari Dinas perpustakaan dan arsip kabupaten pelalawan. Penilaian terdiri dari penampilan, teknik bercerita,penguasaan materi dan skill.

Pemenang lomba bercerita tingkat sd se – kabupaten pelalawan yakni juara 1 sri chairiyani saragih SD swasta anwar karim I kecamatan pangkalan kuras berhak meraih uang pembinaan Rp. 2,5 juta, juara 2 tengku salisa safia SDN 007 kecamatan pangkalan kerinci meraih uang pembinaan Rp. 2,2 juta, juara 3 nurul wahida SD Swasta Anwar Karim II kecamatan pangkalan lesung berhak mendapat uang pembinaan Rp. 2 juta dan harapan 1 Rozan Fijatullah SDN 004 kecamatan bandar petalangan mendapatkan Rp. 1,8 juta.Selain uang pembinaan, setiap juara mendapat sertifikat, piala dan peralatan belajar. Untuk juara 1 berhak menjadi wakil kabupaten pelalawan mengikuti lomba bercerita di tingkat propinsi riau pada 31 juli 2018 mendatang.

MD. Rizal, S. Pd. M. Pd Kepala Dinas perpustakaan dan arsip Kabupaten Pelalawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba bercerita tingkat sd merupakan acara rutin tahunan yang digelar.

” Lomba bercerita atau mendongeng ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar. Teramat banyak manfaat yang didapat dari membaca,budaya membaca harus ditanamkan sejak dini. Melalui lomba bercerita ini diharapkan memotivasi pelajar untuk membudayakan membaca, ” ucapnya.

Sementara H. Abdullah, S. Pd politisi PKS yang juga Wakil ketua komisi 1 DPRD Pelalawan yang turut menyaksikan lomba bercerita menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan lomba bercerita yang digelar.

” Tak banyak anak – anak sekarang yang bisa bercerita atau mendongeng.Semoga kegiatan ini memberi dampak positif dan memotivasi anak – anak yang lain untuk gemar membaca.Kepada wali murid,guru disejolah dan seluruh pihak diharapkan dapat menumbuhkan minat baca terhadap anak. Berbagai informasi,ilmu pengetahuan didapat melalui membaca. Gerakan membaca harus ditanam sejak dini.Aneh jika membaca dikesampingkan dengan hanya menonton televisi, memegang gadget dan sebagainya,” tukasnya. (Zoelgomes)

  • Bagikan