Diskominfo Pelalawan Targetkan Akhir Tahun 2019 Jaringan Internet di 12 Kecamatan Siap Berfungsi Maksimal 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) Kabupaten Pelalawan melalui anggaran APBD Perubahan 2019
akan melakukan pemasangan internet diseluruh Kantor kecamatan di kabupaten pelalawan
” Saat ini sudah 2 kecamatan yang jaringan internetnya telah di support oleh diskominfo yaknk kecamatan Bunut dan Langgam.Sementara kecamatan Pelalawan on progress.Ditargetkan seluruh Kantor Kecamatan diawal bulan November sudah berfungsi maksimal.Jadi pada bulan oktober Kita kerja ekstra untuk pemasangan 9 kecamatan yang tersisa, ” tukas Kadis Kominfo Pelalawan Hendri Gunawan melalui Kabid Pengelolaan E-Government Saud Abdillah,M.Si kepada riaudetil.com,Kamis (5/9/2019).
Menurutnya, seluruh jaringan internet yang dibangun di kantor kecamatan terintegrasi langsung di Kantor Diskominfo.
” Kami harapkan fasilitas internet tersebut dapat memudahkan pelayanan di kantor kecamatan, seperti keuangan, catatan sipil, perizinan dan lain – lain,” paparnya.
Ditambahkannya,skema yang dipakai untuk internet di kantor kecamatan ini memanfaatkan Provider Internet Lokal berlisensi Nasional untuk distribusi Internet nya, setelah adanya negosisasi dan terciptanya win-win solution jadi mereka hanya menyediakan jalur/Link dan Diskominfo menyediakan Bandwidth internetnya.Skema ini dikenal dengan istilah Layanan Metro Ethernet. Jadi nya infrastruktur,pemeliharaan dan jaminan ketersediaan koneksi menjadi tanggung jawab provider tersebut, dengan SLA ( Service Level Agreement) 95 %.
6. Tidak Itu saja, sambungnya, di depan kantor Kecamatan tersebut akan ada juga fasilitas free internet untuk masyarakat (Free Wifi Publik) yang jadwal operasionalnya dari jam 16.00 WIB s/d 22.00 WIB. Yang semua peralatannya di support oleh provider internet tersebut.
Seluruh Skema ini praktis dan pastinya sangat menguntungkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasian anggaran. Dalam hal ini pemkab tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur ditambah lagi geografis daerah kabupaten Pelalawan ini sangat luas dan tentunya akan menguras anggaran yang besar pula.
” Berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan diskominfo menjawab tantangan dari pimpinan bapak Bupati Pelalawan H.M.Harris karena semua itu bermuara pada Pelayanan Publik Prima sesuai dengan Program Pelalawan EMAS,” tutupnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan