Diskominfo Pelalawan Tuntaskan Jaringan Internet Terintegrasi di 12 Kecamatan 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Metro ethernet atau jaringan internet terintegrasi di Kabupaten Pelalawan sudah terkoneksi hingga seluruh kantor kecamatan.Berawal dari bulan september tahun 2019 mulai membangun metto ethernet hingga 1 november 2019.Tahap demi tahap telah diatur oleh Diskominfo Pelalawan dalam mewujudkan Kabupaten Pelalawan yang terkoneksi hingga kecamatan. Diawal bulan november 2019 pembangunan jaringan telah sampai ke 12 kantor – kecamatan se – Kabupaten Pelalawan.
Demikian disampaikan Hendri Gunawan
Kadis Kominfo didampingi Kabid Pengelolaan E-Government Saud Abdillah,M.Si kepada riaudetil.com,Kamis (4/12/2019).Menurutnya, metro ethernet Kabupaten Pelalawan terkoneksi menggunakan media transmisi radio wireless 5,8 Ghz. Teknologi ini biasa digunakan oleh metro ethernet.
” Selain menggunakan wireless ada teknologi lain yang biasa digunakan yaitu wired atau kabel menggunakan fiber optik. Teknologi wireless memang masih cocok dengan Pemerintah Daerah apalagi dengan kondisi geografis Kabupaten Pelalawan yang berbukit – bukit. Wireless merupakan teknologi yang masih tergolong efisien dan efektif dalam kebutuhan koneksi Pemerintah Kabupaten Pelalawan,” ujarnya.
Dikatakannya juga, koneksi metro ethernet dapat diibaratkan seperti membangun jalan. Jika jalan sudah ada maka kendaraan sudah dapat melewati jalan untuk melakukan transaksi atau kegiatan berhubungan dengan pihak lain. Jika di teknologi ethernet,jaringan besar manfaatnya bagi integrasi aplikasi, monitoring cctv, sistem absensi dan jalur pembagian internet.
” Metro ethernet merupakan bentuk dukungan dalam mewujudkan Pemerintah yang terintegrasi .Tahapan inilah mestinya sebagai langkah awal membangun smart city atau smart government. Hampir dikatakan tidak mungkin Pemerintah berharap integrasi tanpa melakukan pembangunan infrastruktur teknologi metro ethernet,” tukasnya. (ZoelGomes)
  • Bagikan