Disparbudpora Support Karang Taruna Kelurahan Pelalawan Hidupkan Seni Budaya dan Permainan Rakyat

  • Bagikan

Pelalawan,  riaudetil. com – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah raga (Disparbudpora) Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri, S. Kom mengapresiasi dan mensupport kegiatan menghidupkan seni budaya dan permainan rakyat di areal wisata Istana Sayap yang digelar Karang Taruna Kelurahan Pelalawan.

” Kita tentu bangga dengan kawan – kawan di karang taruna menggelar kesenian budaya dan permainan rakyat ditengah – tengah masyarakat berlokasi diareal lingkungan Istana Sayap. Kesenian budaya yang digelar berupa tarian dan drama. Sementara permainan rakyat seperti gasing, patok lele dan lain sebagainya. Ini tentu sangat positif mengingat keberadaan Istana Sayap yang kaya akan sejarah berada di Kelurahan Pelalawan Kecamatan Pelalawan,” ucapnya.

Menurut Andi, kedepannya akan dilakukan pendampingan terhadap para penggiat seni budaya dan permainan rakyat ini. “Kita akan jadwalkan pertemuan duduk bersama melakukan evaluasi dan mendengar aspirasi mereka baik masalah dana, pelatihan ataupun pendampingan. Untuk masalah dana kedepan Kita bisa anggarkan,tak hanya APBD daerah diusahakan melalui propinsi ataupun pusat. Apa yang dilakukan karang taruna tentu akan menarik minat pengunjung dan wisatawan ke Istana Sayap. Ditambah sekarang kalau ada tamu atau pengunjung disuguhi tarian persembahan atau selamat datang,” paparnya.

Ditambahkannya, disparbudpora kedepan merencanakan akan membuat brosur wisata Istana Sayap yang akan disebar kepada masyarakat luas dan terutama sekolah – sekolah. Dimana nantinya akan ada kegiatan sekolah studi sejarah di Istana Sayap.

” Istana sayap kita sudah kembali terbuka bagi para pengunjung dan wisatawan.duplikat benda – benda sejarah juga sudah terisi. Tentunya ini harus dipromosikan dan Alhamdulillah karang taruna kelurahan pelalawandibawah kepemimpinan Syafri peduli terhadap pengembangan wisata sejarah Istana Sayap. Kita juga telah menempatkan disetiap kecamatan kelompok sadar wisata sehingga bersama – sama dapat saling komunikasi dan koordinasi dalam pengembangan wisata ditambah juga Uptd yang ada,” ujarnya.

Sementaraa itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Pelalawan Syafri menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dan support yang diberikan Disparbudpora Pelalawan. Dikatakannya, nilai budaya dan sejarah saat ini sudah mulai kurang dipahami oleh kaum muda.Karang taruna kelurahan Pelalawan hadir menghidupkan nilai sejarah dan budaya serta permainan rakyat yang sudah hampir punah ditelan peradaban serta teknologi digital yang menggoda.

” Intinya kami siap didepan dalam mengembangkan wisata Istana Sayap. Tentunya harapan Kami support yang diberikan nyata sehingga program dan kegiatan yang berlangsung dapat berjalan baik dan lancat sesuai yang diinginkan.Kami akan sangat berbangga hati jika dinas terkait dapat membantu Kami dalam berbagai hal.Apa yang kami lakukan selama ini semua untuk kampung Kita, untuk itu hendaknya semua pihak bisa mendukung terutama kelompok sadarwisata kelurahan pelalawan, baik itu dari segi pendanaan maupun dari segi dukungan moril, jika dana pribadi ataupun kas karang taruna, kami hanya bisa lakukan semampu kami saja, “ tutup Syafri.(ZoelGomes)

  • Bagikan