Jadi Narsum, H.Abdullah,S.Pd Beberkan Optimalisasi Peran Ormas Dalam Pembangunan 

  • Bagikan
Pelalawan,riaudetil.com – H. Abdullah,S.Pd politisi PKS anggota DPRD Pelalawan didaulat menjadi salah satu  nara sumber atau pemateri dalam kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Organisasi Kemasyaeakatan yang ditaja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pelalawan,Selasa (22/10/2019) bertempat di grand hotel Pangkalan Kerinci.
H. Abdullah,S.Pd satu – satunya pemateri dari dewan  yang ditunjuk panitia membeberkan materi optimalisasi peran Ormas dalam pembangunan dalam materinya menitik beratkan peran sentral dari Ormas sebagai fasilitator penyampaian aspirasi masyarakat dan kekuatan sosial sebagai kontrol
” Ormas hendaknya terlibat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang merupakan forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Daerah dari tingkat paling bawah hingga Kabupaten. Ormas harus mampu mengisi pembangunan melalui pengawasan dan masukan positif sehingga pembangunan yang dilaksanakan terarah, terukur dan tidak menyimpang,karena Ormas bagian dari masyarakat. Kita punya 100 Ormas di Kabupaten Pelalawan tentu ini adalah kekuatan untuk saling bahu – membahu bersatu padu dalam membangun Negeri,” terang H. Abdullah yang juga menyampaikan sejumlah tahapan musrenbang dihadapan perwakilan Ormas.
Dikatakannya, peran serta Ormas dalam pembangunan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Di sisi lain, pemerintah dituntut mampu mengelola keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara hak kebebasan berorganisasi sebagaimana diatur konstitusi.”Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017, yang menjadi landasan organisasi kemasyarakatan saat ini,” ungkapnya.

Selain H. Abdullah, pemateri juga dihadirkan dari pusat yakni Willy Wibisono Kepala Seksi monitoring evaluasi Ormas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dengan materi arah kebijakan Pemerintah dalam pembinaan Ormas dan dari Propinsi Riau yakni Dany Setyawan,AP.M.Si Badan pengembangan SDM dengan materi Ormas dan wirausaha. (ZoelGomes)

  • Bagikan