Kadisnak Pelalawan Pantau Langsung Kondisi Kesehatan Hewan Kurban

  • Bagikan

RIAU DERIL.COM,PELALAWAN-Menjelang Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1437 H, Kapala Dinas Peternakan(Disnak) Kabupaten Pelalawan Ir H Mukhtaruddin M Si didampingi Ir Asmedi Amri Kabid Keswan Disnak Pelalawan terus memantau kesehatan hewan kurban di beberapa tempat di Kabupaten Pelalawan.

“Ya, mendekati lebaran Idul Adha Disnak terus intensifkan pegawasan hewan kurban. Pengawasan ini dilakukan guna memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa hewan yang dikurbankan dalam keadaan sehat,” jelas Ir H Mukhtaruddin M Si Kamis (8/9/2016) saat meninjau Kesehatan hewan kurban di Holding Ground (HG) Pangkalan Kerinci dan Desa Makmur Pangkalan Kuras.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat khususnya yang ikut berkurban untuk menghubungi petugas Disnak guna dilakukan cek kesehatan kurban. Sebab tidak semua tempat dapat kita pantau. Sebelumnya Disnak sendiri telah melakukan Sosialisasi Penanganan Kesehatan Hewan Kurban Bagi Pengurus Masjid dan Musholla se Kabupaten Pelalawan.

“Kita mengharapkan agar peserta yang ikut sosialisasi itu mendapat bekal bagaimana sebaiknya dilakukan proses penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam,” jelasnya. Peserta sosialisasi juga diberikan pemahaman tentang ciri-ciri fisik hewan yang sehat.

Sementara dari Disnak sendiri, Tim Disnak/UPTD Disnak Kecamatan juga telah berkerja di lapangan sejak sepekan belakangan ini, sejauh ini, dari pemeriksaan beberapa tempat/kandang hewan belum dijumpai gejala-gejala sakit hewan kurban.(RDC)

  • Bagikan