Material Mulai Dikumpulkan, Pembangunan Kembali Jembatan Kayu Desa Kuala Tolam Temui Titik Terang

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil. com – Pengumpulan material pembangunan kembali jembatan kayu desa kuala tolam kecamatan pelalawan sepanjang kurang kebih 60 meter yang ambruk diterjang banjir pada Ahad (1/10/2017) tahun lalu mulai dilakukan pasca diserahkannya bantuan dari dua perusahaan yakni PT. RAPP dan PT. SAU berupa uang sejumlah Rp. 100 juta.

Hal ini disampaikan Weri Zakaria PJ Kepala Desa Kuala Tolam Kecamatan Pelalawan kepada riaudetil. com (1/3/2018).Menurutnya, kayu sebagai bahan utama jembatan sudah mulai dikumpulkan dengan material yang lain. Pengumpulan kayu yang lama yang berada didasar sungai juga dikumpulkan dan disortir.

” Kita sedang dalam pengumpulan material. Mudah – mudahan dalam waktu dekat pembangunan kembali jembatan kayu yang menghubungkan desa kuala tolam timur dan barat dapat dilakukan. Kita pihak desa setelah pengumpulan keseluruhan material juga melakukan koordinasi dengan Kecamatan dan Pemkab Pelalawan melalui instansi terkait seperti Dinas PU agar dapat menurunkan peralatan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Dikatakannya, pasca ambruknya jembatan kayu akibat diterjang banjir, sekitar 200 kk mengalami kesulitan dalam akses.

” Sebelumnya ada pompong warga yang stanbay dan selanjutnya warga berinisiatif membuat rakit untuk penyeberangan. Yang jelas menyulitkan warga, ” ungkapnya.

Sementara itu,Camat Pelalawan Joko Purnomo menyampaikan pihaknya telah meminta kepada dinas PU untuk dapat membantu warga dalam pembangunan kembali jembatan kayu di desa sungai tolam.

” Kita berharap kedepannya jembatan ini dapat dipermanenkan. Sehingga kekuatan jembatan lebih terjamin meskipun dihantam banjir besar dari sungai tolam.Sehingga memudahkan warga dalam akses dan menunjang perekonomian warga, ” pungkasnya. (Zoelgomes)

  • Bagikan