Pekerjaan Dermaga Pelabuhan Sokoi Capai 80 Persen. 20 Desember Ditargetkan Tuntas 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Progres Pekerjaan pembangunan pelabuhan sokoi yang bersumber dari DAK bernilai kurang lebih R. 7 milyar yang dikerjakan oleh PT.Indoco sudah 80 persen.Ditargetkan pada 20 desember 2019 tuntas
Demikian disampaikan Syafruddin, M.Si Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kepada riaudetil.com,Ahad (1/12/2019).Menurutnya,seluruh tiang pancang sudah selesai. Sementara jarak pelabuhan dermaga dari pangkal darat. Menuju tengah perairan berjarak 144 meter.
” Ya, selama beberapa hari kemaren Kami dari Dishub Pelalawan dengan lengawas dari Propinsi Riau meninjau langsung pembangunan dermaga yang sudah 80 persen dan perusahan LT. Indoco sebagai pelaksana proyek menargetkan 20 desember 2019 mendatang pelabuhan dermaga sokoi tuntas, ” ungkap Kadishub.
Disinggung soal lahan pelabuhan, Syafrudin menyebutkan bahwa keseluruhan lahan seluas 30 hektar yang merupakan tanah hibah dan pengueusannya sudah selesai di BPKAD Pelalawan.
” Untuk kebutuhan pelabuhan dermaga Sokoi 25 hektar dan untu kebutuhan pusat sebanyak 5 hektar. Paling tidak di pelabuhan untuk kantor Syahbandar, imigrasi dan lain – lain,” ucapnya.
Sebelumnya, Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan bahwa pentingnya pengembangan pembangunan pelabuhan Sokoi Riau bagian tengah ini untuk ditindaklanjuti karena menjadi pintu  masuk domestik dari Tanjung Batu,Tanjung Balai Karimun,Batam dan Penyalai ke Kabupaten Pelalawan  sebagai lalu lintas di Dermaga Sokoi.

Selanjutnya pengembangan pembangunan pelabuhan Sokoi ini membantu  jalur kereta api  dan jalan tol untuk pulau sumatera di Indonesia. Disamping Pelalawan memiliki prospek di bidang pertanian untuk ekspor  ,pariwisata bono Teluk Meranti destinasi wisata nasional dan internasional serta  Techno Park di Kecamatan Langgam.(ZoelGomes)

  • Bagikan