Pembangunan Dermaga Pelabuhan Sokoi Kuala Kampar Dari Anggaran DAK Mulai Dikerjakan 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Keseriusan Pemkab Pelalawan melalui Bupati H. M. Harris dalam pengembangan pembangunan pelabuhan sokoi di Kecamatan Kuala Kampar terbukti dengan dimulainya pembangunan pancang dermaga yang telah berlangsung selama 3 hari belakangan ini.
Hal ini dibenarkan Syafruddin, M.Si Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kepada riaudetil.com, Jum’at (6/9/2019).Dikatakannya, pemasangan tiang panjang dermaga pelabuhan sokoi sudah 3 hari dikerjakan.
” Pembangunan dikerjakan oleh PT. Indoco. Progress pembangunan dermaga pada 21 Oktber mendatang sudah 70 persen dan selesai sekira tanggal 20 Desember mendatang. Pembangunan melalui anggaran DAK, ” paparnya.
Informasi yang diperoleh riaudetil.com yakni anggaran pembangunan dermaga pelabuhan sokoi yang bersumber dari DAK bernilai kurang lebih R. 7 milyar.
Disinggung soal lahan yang dibutuhkan untuk pelabuhan sokoi,Syafrudin menyebutkan telah disiapkan tanah hibah seluas 10 hektar.
” Kita akan ada penambahan 20 hektar lagi, jadi total lahan untuk prlabihan sokoi 30 hektar. Penambahan lahan seluas 20 hektar sedang diproses oleh bagian aset, ” ungkapnya.
Sebelumnya, Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan bahwa pentingnya pengembangan pembangunan pelabuhan Sokoi Riau bagian tengah ini untuk ditindaklanjuti karena menjadi pintu  masuk domestik dari Tanjung Batu,Tanjung Balai Karimun,Batam dan Penyalai ke Kabupaten Pelalawan  sebagai lalu lintas di Dermaga Sokoi.

Selanjutnya pengembangan pembangunan pelabuhan Sokoi ini membantu  jalur kereta api  dan jalan tol untuk pulau sumatera di Indonesia. Disamping Pelalawan memiliki prospek di bidang pertanian untuk ekspor  ,pariwisata bono Teluk Meranti destinasi wisata nasional dan internasional serta  Techno Park di Kecamatan Langgam.(ZoelGomes)

  • Bagikan