Penyaluran Perdana Bansos Rastra Kecamatan Pangkalan Kerinci, KNPI Pelalawan Lakukan Monitoring

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil. com – Bantuan Sosial ( Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) yang merupakan program Kementerian Sosial RI lanjutan dari program keluarga harapan, penyalurannya secara perdana berlangsung di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (12/7/2018) bertempat diaula kantor lurah pangkalan kerinci kota.

Elly Susana, SE koordinator tenaga kesejahteraan sosial Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskessos) Kabupaten Pelalawan kepada riaudetil. com menyebutkan bahwa bahwa penyaluran perdana bansos rastra di Kecamatan Pangkalan Kerinci secara simbolis dilakukan terutama untuk keluarga penerima manfaat di kelurahan pangkalan kerinci. Seterusnya, akan disesuaikan diseluruh kecamatan di Kabupaten Pelalawan.

” Secara keseluruhan, kuota keluarga penerima bansos restra di kabupaten Pelalawan berjumlah 12070 kk, namun data penerima 11572.Penambahan kekurangan akan diperbarui kembali pada bulan ini sampai seterusnya. Saat ini 1 kk perbulannya merima 10 kg beras dan dibagikan hingga bulan Juni triwulah kedua sehingga 1 kk menerima 60 kg beras.Kecamatan lain akan menyesuaikan triwulannya. Khusus di kelurahan pangkalan kerinci kota penerima berjumlah 371 kk,” paparnya.

Terkait data 11572 tadi, sambung Elly Susana sudah menyesuaikan basis data terpadu sesuai penerima program raskin terdahulu dari Kementerian sosial.Namun diawal tahun sudah diuslkan verifikasi ataupin validasi data mai dari musyawarah desa melibatkan RT /RW sampai musyawarah kecamatan.

” Dulu penerima raskin subsidi kan bayar untuk dapat berasnya kalau saat ono bansos rstra gratis tidak bayar. Kita juga mendengar informasi masih ada keluarga yang belum terdata nantinya akan kita kembali lakukan verfikasi dan validasi data dengan menyesuaikan kuota 12070 kk yang ditetapkan kementerian sosial RI, ” tukasnya.

Sementara Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asmara Putra menyampaikan bahwa penerima manfaat bansos rastra telah dilakukan sesuai prosedur, selain melalui data yang dipusat juga sudah diverifikasi dari tongkat desa hingga kecamatan.

” Kita dari kecamatan tentu terus memantau agar penerima manfaat bansos rastra tepat sasaran sesuai dengan program Pemerintah. Data tentu akan diverifikasi melalui pengusulan masing – masing kecamatan menyesuaikan kuota dari pusat, ” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST. MM didampingi sekretaris MPI KNPI Pelalawan Tarmizi, SE menyampaikan kehadirannya bersama pengurus KNPI kabupaten pelalawan dan kecamatan pangkalan kerinci sifatnya hanya monitoring dan memantau saja.

” Harapan Kita tentu bansos rastra tepat sasaran dan tepat jumlah. Sehingga bantuan program pemerintah pusat ini benar – benar dirasakan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.Kita hadir disini hanya monitoring atau memantau saja, ” tukasnya.

Tampak hadir dalam acara penyaluran perdana bansos restra, Lurah Pangkalan Kerinci kota Erhas, lurah kerinci timur edi arifin dan lurah kerinci barat Dhias Irlian, ketua knpi kecamatan pangkalan kerinci Zulherman,tokoh agama masyarakat dan pemuda serta para penerima bansos rastra. (ZoelGomes)

  • Bagikan