Pertemuan Susulan, Amuk – Langker Desak Respon Serius PT.EMP Bentu Jawab Tuntutan Massa 

  • Bagikan
Pertemuan Susulan, Amuk – Langker Desak Respon Serius PT.EMP Bentu Jawab Tuntutan Massa
Pelalawan, riaudetil.com – Sesuai kesepakatan atas aksi unjuk rasa oleh massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat untuk Keadilan Langgam dan Kerinci (Amuk Langker) terhadap PT Energi Mega Persada (EMP) Bentu pada Senin (29/4/2019) lalu maka dilakukan pertemuan dan mediasi yang digelar di aula Kantor Camat Langgam, Rabu (8/5/2019) kemaren.
Massa Amuk – Langker menilai, PT. EMP Bentu tak serius merespon tuntutan warga.
” Dalam pertemuan,perusahaan hanya memaparkan program tak ada menjawab tuntutan Kita. Kita kecewa dan kesal dengan tidak kesiapan perusahaan saat mediasi bersama massa. Padahal ada swngang waktu yang cukup bagi perusahaan dalam menentuka sikap guna menjawab tuntutan massa, ” beber Jhoni Afrizal, SE Koordinator Amuk – Langker kepada riaudetil.com, Jum’at (10/5/2019).
Dikatakan Jhonni Afrizal,demo kemaren dilakukan berangkat dari keperihatinan masyarakat dengan keberadaan 10 tahun beroperasinya perusahaan.Poinnya massa meminta perusahaan peduli dengan masyarakat.Masalah ketenaga kerjaan, Amuk Langker menilai proses penerimaan/rekrutmen tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan kurang bahkan jauh dari transparan. Perusahaan dinilai belum memberi kesempatan tenaga kerja dari tempatan lokal untuk menempati posisi strategis.Tenaga kerja lokal yang lama belum diangkat sebagai karyawan tetap di perusahaan padahal sudah bekerja 3 tahun lebih.
Masalah CSR, sudah 10 tahun PT. EMP Bentu beroperasi tapi kontribusi dinilai kurang bahkan jauh. Dipertanyakan kontribusi perusahaan terhadap masyarakat Langgam,kelanjutan program Pokja Gema Aso Alam,kontribusi perusahaan terhadap pelajar dan mahasiswa Langgam,kontribusi perusahaan terhadap tokoh masyarakat dan ninik mamak.
Masalah Local Bussiness Deveploment (LBD),sejauh mana perusahaan memberi kesempatan para pengusaha lokal dalam pengerjaan projek di PT. EMP Bentu. Persentase keterlibatan pengusaha lokal dibanding pengusaha luar. Terkesan projek dikuasai sebagian kelompok.
Recovery lingkungan, sejuh mana kontribusi dan komitmen perbaikan lingkungan yang rusak akibat aktifitas peusahaan di Langgam.
” Belum lagi jalan – jalan rusak dilanggam akibat operasional perusahaan.Kita minta Amuk – Langker diikut sertakan dalam kebijakan perusahaan yang bersentuhan dengan massa dan masyarakat seperti tenaga kerja lokal.CSR Kita minta ada MoU yang mengikat kedepannya.dan komitmrn serta janji – janji perusahaan harus tertuang hitam diatas putih sehingga ada tanggung jawab moral perusahaan untuk segera merealisasikannya terhadap massa dan masyarakat, ” ungkapnya.
Intinya, pada pertemuan susulan minggu depan, PT. EMP Bentu untuk mempersiapkan segala hal seperti menjawab segala tuntutan massa.  ” Kita tak mau dengar pemaparan – pemaparan program perusahaan lagi. Kita ingin dengar komitmen dan respon serius dari perusahaan dalam menjawab tuntutan.Kalau tidak ada juga kejelasan dan komitmen ataupun respon serius perusahaan, maka Kami massa Amuk Langker akan melakukan aksi lebih keras dan luas menuntut perusahaan , ” tegasnya.
Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan pimpinan EMP Bentu H Amru Mahalli dan Zulfan, pimpinan area pekanbaru, Hansardi. Camat Langgam Robi Ardelino S.STP, Kapolsek Langgam Ipda Hindro Panjaitan SH, Lurah Langgam dan perwakilan masyarakat Kecamatan Langgam serta masaa Amuk Langker.  (ZoelGomes)
  • Bagikan