Puskesmas ” Bandel” di Pelalawan, Ini Pernyataan Kadiskes 

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil.com – Terkait masih adanya laporan masyarakat terhadap pelayanan yang tak maksimal di puskesmas,dengan tegas Kepala Dinas Kesehatan Pelalawandr. Endid R Pratiknyo akan segera melakukan evaluasi total.

” Ya ada laporan masuk soal pelayanan di satu, dua puskesmas. Tapi Kita akan lakukan evaluasi secara total. Pengawasan terus Kita lakukan dan mengumpulkan para Kepala Puskesmas untuk melakukan evaluasi kerja.Minggu depan Kami dari Dinas akan turun kesemua puskesmas untuk menggali informasi terkait kinerja ,” ujarnya.

Endid berharap kepala puskesmas dan seluruh dokter dan pegawai dan tenaga medis memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.  ” Bicara kinerja puskesmas tentu berbicara akreditasi. Apakah puskesmas tersebut telah menjalankan aktifitas sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan. Karena berbagai sektor dinilai mulai dari SDM, keuangan, sarana dan prasarana, kemudahan pelayanan, kebersihan, lingkungan dan sebagainya.

Untuk akreditasi puskesmas sendiri, sambungnya, ada tiga faktor yang dinilai yakni administrasinya, pelayanan dasar dan juga pelayanan ke masyarakat. Yang menilai akreditasi puskesmas itu adalah tim Surveyor Akreditasi Puskesmas  di Jakarta, lembaga yang berada di bawah Kemenkes.

” Akreditasi ini harus dijaga dengan management puskesmas dan kinerja yang baik. Kita berulang kali mengingatkan para Kepala puskesmas untuk bekerja maksimal,bekerja dengan hati karena ini pelayanan masyarakat dan merupakan program Pelalawan Sehat yang harus sukses berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, ” ucapnya.

Disinggung soal sanksi, Kadiskes hanya menyebutkan akan melakukan evaluasi.” Setiap puskesmas tentu penilaiannya termasuk para kepala puskesmas baik kinerja dan pelaksanaan akreditasi, BLUD dan sebagainya.Segala kekurangan akan Kita benahi,” tukasnya.  (ZoelGomes).

  • Bagikan