Sambut HUT Tagana Ke – 15 di Pelalawan Sejumlah Kegiatan Digelar.Kiprah Nyata Wujudkan Masyarakat Siaga Bencana 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Memperingati Hari Ulang Tahun Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke – 15 tahun 2019,sejumlah kegiatan digelar FK. Tagana Kabupaten Pelalawan dengan acara puncak apel siaga sekaligus Kerja Bakti Pasukan Tagana yang berlangsung di lapangan bola desa kuala panduk kecamatan teluk meranti pada Selasa (2/4/2019) lalu dengan mengambil tema Kiprah Nyata 15 Tahun Tagana Wujudkan Masyarakat Siaga Bencana.
Adapun sejumlah kegiatan yang digelar diantaranya yakni tabligh akbar, sosialisasi pemilu jujur, adil dan bermartabat tanpa politik uang, tabligh akbar peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, sosialisasi bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu, penghijauan, pelalawan sehat,penyerahan bantuan sembako, bibit tanaman dan lain sebagainya.Sementara panitia kecewa dikarenakan kegiatan pengobatan gratis batal karena tim medis tidak datang sedangkan surat resmi sudah dilayangkan dinas kesehatan.
Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel siaga sekaligus Kerja Bakti Pasukan Tagana bersama masyarakat pada
Selasa (2/4/2019) pagi dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Apel Siaga dan Kerja Bhakti Pasukan Tagana bersama Masyarakat bertujuan untuk mendekatkan Tagana dengan masyarakat dalam rangka mensosialisasikan kegiatan Tagana.
” Kehadiran Tagana ditengah – tengah masyarakat saat ini amat berpengaruh dan sangat bermanfaat.Tagana bersama masyarakat saling bersinergi dalam menjalankan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya berkutat dalam penanggulangan bencana, namun juga bersinergi dalam pembangunan, lingkungan, kesehatan dan lain sebagainya, ” paparnya.
Sementara itu, Ardianto, A. Md. SE Ketua FK Tagana Pelalawan didampingi Sekretaris M. Daud, S. Sos menyebutkan bahwa sesuai amanat dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita bahwa istilah ungkapan kembali ke masyarakat“turn back to community” dengan
memperbanyak SahabatTagana,dinilai sangat strategis.Semua pihak di masyarakat
yang peduli bencana dapat menjadi Sahabat Tagana.
Pada tahun 2019 ini,ada bebera perencanaan strategis
yang dilakukan Kementerian Sosial RI dalam hal penanggulangan bencana yaitu:
1.Peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam dengan kegiatan penyediaan saranadanprasaranalogistik,Pelatihan untuk Tagana Muda, Madya dan Utama serta spesialisasi,fasilitasipembentukan Kampung Siaga Bencana dan fasilitasi Tagana Masuk Sekolah.
2.Penyaluran bantuan pemenuhan kebutuhan dasar untuk korban bencana alam pada masa darurat berupa pengerahan SDM Tagana,
pemberian bantuan permakanan melalui dapur umum,tendadarurat,distribusi logistic keperluan keluarga dan layanan dukungan psikososial
3.Penyelenggaraan pemulihan dan penguatan sosial korban bencana alam pasca bencana
dengan bantuan jaminan hidup,bahan bangunan
rumah,isi hunian,santunan ahliwaris dan
santunan luka serta melakukan rujukan.
” Dengan usia tagana yang ke – 15 ini tentunya kita harapkan dapat terwujudnya masyarakat siaga bencana. FK Tagana Pelalawan akan selalu ada ditengah – tengah masyarakat,” tukasnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan