Satu – Satunya Narsum dari Kepala Daerah, Bupati Harris Paparkankan Kiat Kelola Kebun Petani Sawit Berkelanjutan Hingga Techno Park Pelalawan Dalam Diskusi DPP Apkasindo 

  • Bagikan
Jakarta, riaudetil.com – Bupati Pelalaawan H. M. Harris menjadi satu – satunya Kepala Daerah yang didaulat menjadi narasumber dalam diskusi kelapa sawit dengan tema ” Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat ” yang ditaja Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPP Apkasindo) yang berlangsung di auditorium rimbawan I manggala wana bhakti Jakarta,Selasa (9/7/2019).
Dalam diskusi, Bupati Pelalawan H. M. Harris memaparkan kiat  Pemkab Pelalawan dalam mendorong pengelolaan kebun petani kelapa sawit yang berkelanjutan dan kawasan techno park Kabupaten Pelalwan Propinsi Riau.
Dikatakan Bupati, Pemerintah Kabupatrn Pelalawan telah meresmikan Pusat Unggulan Program Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan ( Sustainable Palm Oil Initiative / SPOI) tepatnya berada di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau pada 2018 lalu.
” Program yang merupakan hasil kerjasama dengan sejumlah pihak terutama perusahaan bertujuan membantu petani plasma dan swadaya untuk dapat mengelola kebun kelapa sawit secara berkelanjutan meningkatkan kualitas hidup serta mendorong petani kelapa sawit mendapatkan sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan Indonesia atau Indonesian Sustainable Palm Oil /ISPO,” ucapnya.
Ditambahkannya, Kabupaten Pelalawan memiliki kawasanTechno Park yang dirancang sebagai kawasan terintegrasi sebagai kawasan industri,pendidikan dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor kelapa sawit tentunya menunjang kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan yang juga akan berkontribusi besar bagi Propinsi Riau dan Indonesia sebagai wujud nyata dari program Nawa Cita Presiden RI. Pemerintah Daerah Pelalawan berupaya memberdayakan masyarakat lokal dalam industri kelapa sawit mulai dari produksi bahan mentah sampai barang jadi.

Bupati mengatakan pemerintah daerah sudah melakukan kerja sama dengan lima institusi swasta dan penelitian pengembangan guna memberikan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat lokal dalam industri kelapa sawit.

Kerja sama yang dilakukan Pemda Pelalawan bersama dengan BPPT, PT Pindad, PT Rekayasa Engineering, Pusat Pengembangan Kelapa Sawit, dan Dewan Minyak Sawit Indonesia untuk memberikan pelatihan dan pembinaan pada masyarakat lokal,bebernya.

 
Banyak hal lainnya yang disampaikan Bupati yang mendapat perhatian seluruh peserta diskusi. Selain diskusi juga digelar pengukuhan pengurus DPP Apkasindo periode 2019 – 2024 oleh Jend.TNI (Purn) Moeldoko kepada staf Presiden RI selaku Ketua Dewan Pembina DPP Apkasindo. (ZoelGomes)
  • Bagikan