Sudah 2021 Jiwa di Pelalawan Terserang ISPA, ISPU Pelalawan Kategori Tidak Sehat 

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil.com – Kabut asap akibat karlahut yang terjadi di Riau dan Kabupaten Palalawan di Kabupaten Pelalawan sudah sangat berdampak bagi kesehatan masyarakat.Penyakit yang menyerang masyarakat cenderung meningkat terutama infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dibandingkan dengan penyakit lainnya seperti pneumonia,asma, iritasi mata dan iritasi kulit.

 Merujuk dari data sebelumnya yang diperoleh riaudetil.com dari Dinas Kesehatan melalui data dari 14 puskesmas di Kabupaten Pelalawan sejak tanggal 16 hingga 31 Juli  tercatat warga Pelalawan terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
mencapai 763 jiwa.Sementara dari tanggal 1 hingga 5 agustus tercatat penambahan penyakit ISPA sebanyak 334 jiwa. jiwa.Namun data dari tanggal 6 hingga 12  agustus warga terserang ISPA bertambah 561 jiwa. Total warga Pelalawan yang terserang ISPA hingga pertanggal 12 agustus yakni 1658 jiwa.
Data terbaru yang diperoleh dari tanggal 13 hingga 19 Agustus 2019,masyarakat terserang ISPA bertambah 463 jiwa. Total masyarakat Pelalawan yang terserang ISPA dari tanggal 16 Juli hingga 19 Agustus 2016 yakni 2021 jiwa.
Asril,M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan menyampaikan pihaknya terus melakukan berbagai upaya mulai pencegahan,pelayanan kesehatan, sosialisasi kesehatan dan penggunaan masker dan pendirian posko yang dinilai rawan terhadap penyakit.
” Kita sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas di Pelalawan agar pelayanan lebih ditingkatkan dan jemput bola kedaerah – daerah yang rawan dimana terdapat titik api.Sosialisasi kesehatan pembagian masker juga terus berjalan.Sekolah Kita himbau mengurangi aktifitas diluar sekolah. Jika ada aktifitas diluar ruangan maka diharapkan menggunakan masker. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, air putih serta vitamin. Kita tegaskan gunakan masker, ” bebernya.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan menyampaikan hari ini, Rabu (21/8/2019) ISPU Pelalawan di PM 10 dan masih dibawah 200 Psi kategori tidak sehat.  
 
” Ya ISPU Pelalawan kategori tidak sehat. Dalam pertemuan dengan Disdik dan Diskes beberpa waktu lalu Kita berupaya mencari langkah – langkah guna menyikapi kabut asap di Pelalawan seperti gencar melakukan sosialisasi penggunaan masker saat beraktifitas diluar ruangan termasuk seluruh siswa diberbagai tingakatan.Pembagian masker dan lain sebagainya, ” tukas Syamsul Anwar.  (ZoelGomes)  

  • Bagikan