Temui Gubri, FMP – Riau Sampaikan Aspirasi Kelanjutan Pembangunan Jalan Lintas Bono di Pelalawan

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil. com – Forum Masyarakat Pesisir Riau melakukan audiensi dengan Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dikediman Rumah Dinas Gubri, Senin (22/7/2019).Pertemuan terkait aspirasi pembangunan Jalan Lintas Bono di Kabupaten Pelalawan yang didesain sampai ke Guntung Kabupaten Indragiri hilir.
Dalam pertemuan yang berlangsung santai dan kekeluargaan tersebut, Said Abu Sofian, SH Ketua Umum FMP-Riau dan anggota menyampaikan jalan Provinsi atau lintas bono yang telah dibangun sejak 2004  tersebut progress-nya sangat lamban karena alokasi anggaran terbilang kecil dan di beberapa ruas sudah rusak berat. Hal ini terjadi karena pembangunannya yang dicicil-cicil sehingga tidak pernah tuntas tersebab alokasi anggaran yang tak pernah signifikan.
Selain sangat penting bagi akses tidak kurang dari 17 desa Kabupaten Pelalawan dan 30 desa kabupaten inhil, jalan ini juga sangat vital bagi masyarakat sekecamatan Kuala Kampar sebagai akses ringkas ke ibukota kabupaten, serta sangat strategis bagi pengembangan wisata Bono yang telah mendunia tapi belum ditunjang sarana, prasarana dan infrastruktur yang memadai. Lintas Bono juga potensial sebagai konektivitas daerah sampai ke Indragiri Hilir sampai ke Guntung, Siak (melalui Teluk Lanus?), Kepulauan Meranti, Provinsi Kepulauam Riau, bahkan ke Singapura dan Malaysia.
Disampaikan Said Abu Sofian, Gubri H. Syamsuar dalam audiensi menyampaikan sejak masa kampanye telah bertekad dan berjanji memprioritaskan pembangunan beberapa infrastruktur vital di Riau, salah satunya Jalan Lintas Bono ini. Dan untuk mengatasi problem keterbatasan dana, Pemprov Riau berencana melakukan terobosan konklusi di luar APBD agar pembangunan proyek seperti ini memungkinkan dilaksanakan sekaligus terus-menerus sampai selesai.
Solusinya antara lain pinjaman daerah kepada sumber legal dan lunak, misalnya dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), sebuah BUMN yang memang didirikan untuk pembangunan infrastruktur vital sejak pemerintahan Presiden SBY.
“Kalau kita tidak berani melakukan terobosan, maka Jalan Lintas Bono dan jalan-jalan vital lain di Riau yang membutuhkan dana besar tidak akan pernah selesai, siapa pun gubernurnya!” kata Syamsuar di depan Forum Masyarakat Pesisir Riau. Syamsuar sangat berharap, langkah Pemprov nantinya akan didukung oleh DPRD Riau selaku otoritas legislasi anggaran dan tentunya seluruh masyarakat Riau.
Kendala salah satu lintas bono adalah ada disebekek mau menuju kedesa sungai mas dimana dikawasan tersebut ada hutan tapi sedang diurus,” ujar Gubri seperti yang disampaikan oleh Said Abu Sofian.
Dilanjutkannya, dari Forum Masyarakat Pesisir Riau berharap jalan tersebut jagan ada pemindahan tetap sesuai dengan badan jalan yang telah digagas zaman Rusli Zainal.
Hadir dalam audiensi tersebut, Tengku Zulmizan Assagaf selaku Tokoh Muda Riau yang juga Ketua LAM Pelalawan.
D25 orang dari Pemuda dan Mahasiswa Forum Masyarakat Pesisir – Riau.(ZoelGomes)
  • Bagikan