Tradisi Syarat Adat Jelang Ramadhan, Mandi Balimau Sultan di Kecamatan Pelalawan Digelar 9 Mei Mendatang

  • Bagikan

Pelalawan, riaudetil. com – Sebagai daerah yang kaya tradisi dan adat budaya,Kabupaten Pelalawan terus menjaganya sebagai warisan leluhur dari generasi ke generasi.Salah satu tradisi yang unik dan bertahan hingga kini yakni tradisi menyambut masuknya bulan suci Ramadhan seperti yang berlangsung di Kecamatan Pelalawan yakni Mandi Balimau Sultan.

Seperti diketahui, di Kecamatan Pelalawan sendiri adalah tempat keberadaan kerajaan Pelalawan dengan istananya yang disebut Istana Sayap.Wajar jika mandi balimau sultan menjadi mandi balimau pembuka yang digelar di Kabupaten Pelalawan.

Menyambut bulan suci ramadhan 1439 H/2018 M, mandi balimau sultan akan digelar pada Rabu (9/5/2018) mendatang bertempat di tepian sungai rasau kelurahan Pelalawan kecamatan pelalawan.

Demikian disampaikan Ketua panitia mandi balimau sultan pelalawan Edi Hanafi yang juga penghulu koto pelalawan kepada riaudetil. com, Senin (30/4/2018).Menurutnya, dalam rangkaian kegiatan mandi balimau sultan dimulai dengan ziarah makam jauh pelalawan pada (8/5/2018) sore. Dilanjutkan ba’da ashar tahlil berhanyut dari hulu hingga hilir kampung. Pada malamnya akan digelar Tabligh akbar dan acara kesenian budaya.

Untuj keesokan harinya, sambung Edi Hanafi, pada Rabu (9/5/2018) pagi pukul 08.00 wib akan berkumpul diistana untuk menggelar pengukuhan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Pelalawan dan pelantikan lembaga adat melayu petalangan dan pesisir. Acara dilanjutkan dengan makan beradat dan prosesi adat.

Pada siangnya sekira pukul 14.00 wib akan menuju tepian sungai rasau untuk menggelar acara mandi balimau sultan dimana Sultan Pelalawan Assayyidus Sayrif H. T. Kamarudin Haroen akan memandikan masyarakat sebagai prosesi mandi balimau sultan.

” Dijadwalkan pada acara mandi balimau sultan nanti akan dihadiri Bupati Pelalawan H. M. Harris selaku datuk setia amanah, pemangku adat,pengurus LAM Riau dan Kabupaten dan seluruh masyarakat Pelalawan. Untuk persiapan acara semuanya sudah ready dan kita berharap mandi balimau sultan yang syarat dengan adat akan berlangsung lancar tanpa ada kebdala apapun, ” tukasnya. (Zoelgomes)

  • Bagikan