Wakapolres Pelalawan Pimpin Lat Pra Ops Lilin Siak 2017

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PELALAWAN – Kapolres Pelalawan yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Jose Dc Fernandes dengan di dampingi Kabag Ops Kompol Edi Munawar memimpin pelaksanaan Lat Pra Ops Lilin Siak 2017 di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan, Rabu (20/12/2017) pukul 09.00 WIB.

Lat Pra Ops Lilin tahun ini mengusung Tema “ Kita Tingkatkan Kemampuan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri ”

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pejabat utama Polres tingkat Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran dan personel yang terlibat Ops Lilin. Acara di mulai dengan laporan pembawa acara, Pembacaan doa, Kata Sambutan dari Wakapolres Pelalawan dan paparan dari masing-masing satgas.

Dalam sambutan tersebut Wakapolres menegaskan kepada seluruh anggotanya agar laksanakan Pengamanan dengan maksimal dan Optimal. “Laksanakan Tugas dengan hati yang ikhlas dan sesuai SOP, tetap semangat serta selalu pasang mata dan telinga,”tegas Wakapolres.

Masih dalam sambutan, Wakapolres menjelaskan operasi lilin Siak adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh jajaran Kepolisian.
“Operasi Lilin 2017’adalah terfokus untuk menjaga Perayaan Natal dan tahun baru 2018. Operasi tersebut akan dimulai tanggal 23 Desember 2017 s/d tanggal 1 Januari 2018,” ungkap Wakapolres.

Wakapolres juga menjelaskan kegiatan latihan itu bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh Personil Polri yang terlibat dalam Operasi Lilin Siak 2017 yang meliputi tindakan-tindakan apa saja yang akan dilakukan pada saat pengamanan Gereja, Mensiasati arus lalu lintas yang diperkirakan akan mengalami kemacetan, bagaimana Strategi evakuasi, Sterilisasi, pengecekan jemaat Gereja demi kelancaran masyarakat yang sedang melaksanakan Perayaan Natal,” tambah Wakapolres.

Pada kesempatan yang sama Kabag Ops Polres Pelalawan memberikan arahan yang menjelaskan tentang dinamika operasi mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap pelaporan. Dalam tahap pelaksanaan, Kabag Ops menjelaskan tentang sasaran operasi dan juga hambatan- hambatan yang mungkin dihadapi oleh personil yang melaksanakan operasi dilapangan.

Kabag Ops juga menambahkan, personel gabungan akan disiagakan untuk mengamankan natal dan tahun baru 2018 di Kab.Pelalawan. Nantinya keseluruhan personel akan dibagi untuk melakukan pengamanan pada beberapa obyek, termasuk tempat ibadah, pusat keramaian dan obyek pergantian tahun. Selain itu, dalam melaksanakan pengamanan dan pelayanan akan disediakan posko operasi lilin Siak di tiga Kecamatan yaitu di Kec.Ukui, Kec. Pkl.Kerinci dan di Kec.Bandar Sei Kijang.

Latihan pra operasi ini juga berisi paparan dari Kasat Lantas Pores Pelalawan AKP Mas’ud Ahmad yang menyampaikan paparan tentang tehnik pengaturan lalin kemudian dilanjutkan dengan paparan para Kasatgas terkait rencana dan situasi serta cara bertindak di lapangan.

Giat Lat Pra Ops Lilin Siak 2017 ini berakhir sampai jam 17.30 wib dengan keadaan lancar dan tertib.[12 1 0]

  • Bagikan