Cegah Virus Corona, Dosen Umri Buat Hand Sanitizer

  • Bagikan
Rektor Umri foto bersama awak media dan produk Hand Satizer bermerk Umri.

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Mulai 14-31 Maret 2020 mendatang, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) akan meliburkan mahasiswa, proses perkuliahan akan menggunakan sistem online atau blended learning.

Kebijakan itu diambil sesuai dengan instruksi kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di institusi pendidikan, dan juga maklumat PP Muhammadiyah Nomor 02/MLM/I.0/H/2020 tentang wabah Corona virus atau Covid-19.

Libur hanya berlaku bagi Mahasiswa, untuk Dosen dan karyawan Umri, tetap masuk kampus seperti biasa. Hanya saja sebelum masuk kampus setiap harinya mereka akan diberikan Hand Sanitizer. Hebatnya Hand Sanitizer itu dibuat oleh Dosen Prodi Kimia Rahmadini Syafri bersama mahasiswa prodi Kimia.

“Ya, yang libur itu hanya Mahasiswa, Dosen dan Karyawan tetap masuk kerja seperti biasa. Untuk mensterilkan mereka dan juga tamu, mulai besok akan diberikan Hand Sanitizer bermerek Umri,” jelas Rektor Umri Mubarak, Senin (16/3/2020).

Menurut Mubarak pemberlakuan pemberian Hand Sanitizer Umri ini diharapkan bisa mencegah penyebaran virus verona khususnya di kampus Umri.

“Ini merupakan bagian Umri mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran virus verona khususnya dilingkungan kampus. Kepada dosen kita yang membuat Hand Sanitizer Umri, yang setakad ini baru dipakai untuk lingkungan kampus, kedepan kita harapkan bisa disebarkan ke masyarakat,” harap Mubarak.

Sementara Rahmadini mengatakan bahwa Hand Sanitizer Umri yang dibuatnya bersama Mahasiswa merupakan produk yang dibuat menggunakan bahan ethanol 96 persen sesuai dengan standar WHO, pelembut kulit dan minyak esensial.

Tim produksi Hand Sanitizer Umri menurutnya telah memproduksi sebanyak 5 varian, diantaranya aroma lavender, lemon, strawberi, tea-tree dan jasmine.

“Hand Sanitizer produksi pertama akan memenuhi kebutuhan sterilisasi di kawasan Umri terlebih dahulu. Diharapkan produksi Umri sanitizer ini dapat membantu kelangkaan hand sanitizer ditengah masyarakat akibat merebaknya wabah corona,” ungkapnya. (mcr)

  • Bagikan