Kapolda Paparkan Penggunaan Dashboard Lancang Kuning kepada Pemda Sumut

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effnedi memaparkan cara penggunaan Dashboard Lancang Kuning Nusantara kepada pemerintah daerah gabungan dari Sumatera Utara di Command Center Polda Riau, Jalan Pattimura, Pekanbaru.
“Pemda gabungan Sumut yang terdiri dari BNPB, LHK, Polda, Kodam, Manggala Agni, dan dari perusahaaan diminta oleh pak Gubernur belajar disini untuk bagaimana menangani Karhutla secara bersinergi,” kata Agung, Kamis (12/3/2020).
Agung menyampaikan dalam kesempatan tersebut, bahwa sinergi Riau yaitu berbasis IT dengan menggunakan Dashboard Lancang Kuning Nusantara.
“Kita tahu, bahwa aplikasi ini sudah dipakai di Sumut juga. Tadi juga kita cek sudah dioperasionalkan artinya titik api yang ada disana juga sudah diverifikasi oleh anggota Karhutla di Sumut,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Riadil Akhir Lubis mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau yang langsung memaparkan penggunaan Dashboard tersebut.
“Terimakasih kepada Kapolda Riau yang langsung melakukan paparan yang memperkenalkan aplikasi Dashboard ini kepada kami. Tentunya kami dari Sumut akan melakukan hal yang sama juga dengan menggunakan aplikasi tersebut,” kata Riadil.
Ia mengaku bahwa menggunakan aplikasi tersebut bisa bergerak cepat kelapangan agar memadamkan api langsung di tempat titik api berada.
“Kita bisa tau titik api dimana saja melalui aplikasi tersebut, jadi memang sangat cepat penanganan menggunakan Dashboard Lancang Kuning ini. Kita nanti akan melakukan hal yang sama juga di Polda Sumut,” pungkasnya.(bin)
  • Bagikan