Pantau 18 Orang PDP Rohil Hari ini Negatif Corona

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,ROHIL – Dari 18 orang pasien dalam pantauan (PDP) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), sebanyak 13 orang PDP hasil swabnya
terkonfirmasi negatif sehingga dinyatakan sembuh dan sudah pulang.
Empat orang PDP lainnya meninggal di kebumikan secara protokol Corona Virus Disease 2019 atau Covid 19 sebelum mendapat hasil swab. Namun setelah dinyatakan hasil swab negatif maka 4 orang tersebut bukan meninggal karena Covid 19. Sedangkan satu orang PDP lagi sudah terkonfirmasi hasil swab negatif.
Namun karena ada penyakit penyerta lainnya pada orang tersebut maka warga Bagansiapiapi itu masih tetap di rawat di Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru. Demikian hal ini dijelaskan oleh juru bicara tanggap Covid 19 Rokan Hilir, H.Ahmad Yusuf,S.Sos,MH di Bagansiapiapi, Jumat (01/05/2020).
“Yang security warga Sedinginan yang terakhir dirawat di RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi, tadi malam kita terima hasil swabnya negatif dan hari ini pasien di pulangkan,”jelas H.Ahmad Yusuf.
Sedangkan jumlah kumulatif orang dalam pantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebanyak 6 ribu 176 orang. Ini mengalami kenaikan dari sebelumnya yang hanya berjumlah 6 ribu 74 orang. Dari 6176 orang ODP tersebut, 4278 orang diantaranya merupakan orang yang telah habis masa pantauannya selama 14 hari. Sehingga orang yang masih dalan pantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hilir pada hari ini sebanyak 1898 orang.

“Sebaran ODP saat ini yang masih tinggi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bagansiapiapi dan yang paling rendah di wilayah kerja UPTD Puskesmas Balai Jaya (dapat dilihat data pada tabel),”kata H.Ahmad Yusuf.

Juru bicara tanggap Covid 19 ini menjelaskan bahwa untuk sementara data pasien dalam pengawasan ( PDP ) secara kumulatif tetap bertahan di angka 18 orang dalam sepekan terakhir ini, artinya semua PDP di Rohil yang berjumlah 18 orang itu terkonfirmasi hasil swabnya negatif.

“Kita bersyukur karena 18 orang PDP di Rohil tidak ada satu pun positif corona,”ujarnya.

Dengan kondisi saat ini, dia berharap jangan membuat masyarakat Rohil menjadi terlena. Justru dengan kondisi saat ini masyarakat Rokan Hilir (Rohil) harus bersama-sama dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam upaya memutus mata rantai penularan covid~19 di Rohil.

“Kita harus secara bersama-sama mempertahankan kondisi ini dengan cara mengikuti anjuran, himbaun dan saran dari pemerintah dan protokol kesehatan,”katanya.

Dikatakannya, upaya yang dilakukan Pemkab Rokan Hilir (Rohil) selama sangat maksimal, baik melalui gugus tugas, teman-teman media dan semua elemen yang ada. Semoga media massa tidak pernah bosan menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Semoga informasi dan edukasi yang kita sampaikan menjadi ibadah bagi kita semua dan dapat pula di implementasikan dalam kehidupan masyarakat. Semoga kita semua tetap sehat, tetap semangat dan selalu dalamlindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,”jelas Ahmad Yusuf memungkasinya.*** ( Rico )

  • Bagikan