Sosialisasi Pembinaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir

  • Bagikan


RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Dinas Pendidikan dan Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir sosialisasi ke sekolah-sekolah, tentang tujuan pelaksanaan program adiwiyata untuk sekolah Se Se Rokan Hilir.

Sekolah berdasarkan Adiwiyata pada tingkat Kabupaten, menyerahkan pada Permen Lingkungan Hidup (PLH), yaitu nomor 5 tahun 2013, tentang pedoman pelaksanaan adiwiyata.

“Program adiwiyata di sekolah-sekolah diusahakan dengan 5 poin”, kata Kadisdik Rohil, Drs.H. Wan Rusli Syaref, M.si kepada kebangkitan media, Kamis (14/02/2019) di SMAN 1 Bagansiapiapi.

Sementara poin penting itu, tambah, Rusli, seperti penghematan sumber energi, sumber udara hemat, peralatan dan penguna ATK, pengelolaan dan penyimpanan sampah, serta penghijauan di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Menurut Rusli, basis Lingkungan Adiwiyata dikategorikan sebagai tempat yang baik, ideal dan harmoni, dapat merangkum segala ilmu pengetahuan. Selain itu, dapat menyelesaikan berbagai norma dan etika menjadi dasar manusia menuju kesejahteraan hidup, pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya, Pembinaan Adiwiyata meningkatkan kapasitas sekolah dan meningkatkan kapasitas, serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan adiwiyata.

“Meskipun program dapat meningkatkan kinerja provinsi dan kabupaten, termasuk lingkungan sekolah dan masyarakat”, kata Rusli lagi.

Ia mengundang, sangat mendukung program adiwiyata untuk sekolah, karena dengan program menjadi sekolah yang sehat, asri dan nyaman, dengan berbagai tanam-tanaman penghijauan.

“Ditahun 2020, target Lebih disetujui adiwiyata, bahkan 2019, 19 sekolah adiwiyata tingkat nasional dan 36 Adiwiyata tingkat provinsi Riau”, tandasnya.
(Jum )

  • Bagikan