Meski Terdampak COVID-19, Dinas PUPR Rohul  Laksankan Program Pembagunan Jalan  1 KM Per Desa Untuk 25 Desa

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Rohul Anton.ST.MM

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Meskipun di tahun 2020 ini kena pangkas anggaran  dampak COVID 19, 25 desa di Kabupaten Rokan Hulu ((Rohul) dapat program pembangunan jalan 1 kilometer (Km) per desa.

Dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rohul, Anton ST, MM, Rabu (21/10/2020) mengatakan, memang awalnya pihaknya mengajukan anggaran peningkatan jalan desa 2020 lebih dari Rp165 miliar untuk program peningkatan jalan 1 Km per desa.

Tetapi setelah melalui enam kali perubahan saat proses pembahasan di DPRD Kabupaten Rohul, anggaran peningkatan jalan desa kena pangkas capai 130,22 persen dan anggaran yang disetujui menjadi Rp115 miliar.

Dari dampak pengurangan anggaran itu sebut Anton,  sehingga berdampak terhadap realisasi panjang jalan, dari sebelumnya 1 Km menjadi 500 meter atau setengah Km per desa.

“Sehingga cuma 25 desa tahun ini yang mendapat program peningkatan jalan tahun 2020 ini. Itu akibat anggaran kena pangkas untuk penanganan COVID-19,” terang Anton, didampingi Sekretaris Dinas PUPR Rohul H Zulfikri ST juga Kabid Sarana Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rohul Khoirul Fahmi, Rabu (21/10/2020).

Anton juga mengakui, ke 25 desa yang mendapat program peningkatan jalan tersebar di 12 kecamatan, di Kecamatan Tambusai Utara 6 desa, Tambusai 2 desa, Kecamatan Kepenuhan 2 desa. Lalu Kecamatan Ujung Batu 2 desa, Kunto Darussalam 2 desa, Rambah Samo 2 desa, Rokan IV Koto 1 desa, Tandun 2 desa, Rambah 3 desa, Kepenuhan Hulu 1 desa, Rambah Hilir 1 desa, dan Kecamatan Bangun Purba 1 desa.

Tambah Anton lagi, bukan hanya peningkatan jalan di 25 desa saja, Dinas PUPR Rohul kini tengah melakukan peningkatan satu jalur jalan Lingkar Pasirpengaraian sepanjang 2,1 Km, yakni antara simpang tiga Rumah Sakit Surya Insani hingga simpang Kampung Baru Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah.

“Dengan peningkatan jalan di beberapa desa, maka nantinya dapat membantu masyarakat dan meningkatkan infrastruktur perekonomian,” harap Anton.

Anton mengaku, Dinas PUPR Provinsi Riau juga sudah memperbaiki ruas jalan lintas provinsi (Jalinprov) di tiga titik, yakni ruas jalan Kabun- Tandun, Tandun-Ujung Batu, Ujung Batu-Rokan IV Koto, dan Rokan IV Koto hingga ke batas Provinsi Sumatera Barat.

“Selain itu, untuk jalan di Sontang Kecamatan Bonai Darussalam, sudah dilakukan perbaikan yang dibantu pihak perusahaan di Kecamatan Bonai Darussalam,” sebut Anton.”***(Hsb).

  • Bagikan