Bersama Dinas Pertanian, Baznas Siak Lakukan Sosialisasi Zakat Kepada Para Petani

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, SIAK – Dalam rangka meningkatkan pengumpulan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak semakin gencar melakukan sosialisasi khususnya kepada para petani di Kecamatan Bungaraya.

Pelaksanaan sosialisasi zakat dengan para petani padi ini bekerjasama dengan pihak Dinas Pertanian, pihak kecamatan para PPL.

Kegiatan itu bertepatan dengan acara turun sawah dan doa bersama kampung Kemuning Muda Kecamatan Bungaraya, Rabu (05/09/18).

Hadir dalam acara ini Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Suwandi, Camat Bungaraya Hendy Darhavin, Komisioner BAZNas Sulaiman, sejumlah PPL dan Gapoktan.

Di kesempatan itu Sulaiman menyebutkan potensi zakat di Kabupaten Siak cukup besar seperti pada petani padi dan sawit. Berdasarkan data di lapangan, untuk petani padi yang ada di Kabupaten Siak, seperti hal di Kecamatan Bungaraya luas lahan tanam padi yang sudah produktif sebanyak 2.200 ha. Khusus untuk Kampung Kemuning Muda 461 ha.dan hasil panen per hektar antara 5 sampai 8 ton.

“Kalau 2.200 ha tersebut masyarakat membayarkan zakatnya semua, Insya Allah pengumpulan zakat akan mengalami peningkatan” ujar Sulaiman.

Maka dari itu lanjutnya, BAZNas bekerjasama dengan dinas pertanian dan PPL melakukan sosialisasi zakat, kepada para petani agar para petani ini mau mengeluarkan zakatnya.

Sementara itu Camat Bungaraya Hendy Derhavin menyampaikan pada para petani semoga acara doa turun sawah bertujuan agar usaha yang dilakukan petani untuk memulai penanaman padi di sawah mendapat kelancaran terhindar dari serangan hama dan mendapat hasil panen yang memuaskan sesuai dengan harapan.

Davin mengingatkan, jika hasil produksi padi ini sesuai dengan harapan maka diharapkan para petani menunaikan kewajibannya untuk membayarkan zakatnya ke pihak BAZNas atau UPZ yang ada.

Hasil panen yang diperoleh ada hak orang lain dan wajib dikeluarkan agar rezeki hasil panen tersebut mendapat barokah dan terhindar dari segala macam musibah.

Senada dengan itu Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian kab Siak, Suwandi menyampaikan bahwa keberhasilan petani bukan saja dari jerih payah dalam pengolahan lahan dengan baik, akan tetapi perlu diiringi dengan doa, ikhtiar serta zakat yang dikeluarkan.

“Dengan berzakat dan rajin bersedekah maka Allah SWT akan membalasnya dan sawah ladang kita akan terhindar dari musibah,” ujar Suwandi. (Syarifah)

  • Bagikan