Bupati Kunjungi Budidaya Lele Bioflok Binaan di Sialang Palas

  • Bagikan
Bupati Kunjungi Budidaya Lele Bioflok Binaan di Sialang Palas

RIAUDETIL.COM,SIAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak selalu cepat dalam merespon kegiatan masyarakat dalam mendukung usaha ekonomi kerakyatan. Bersempena Safari Ramadan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi di Kecamatan Lubuk Dalam, pada tanggal 31 Mei 2017, dilakukan pula kunjungan langsung ke salah satu kolam lele model bioflok di Kampung Sialang Palas.

Kunjungan Bupati ini didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Drh Hj Susilawati MM, camat Lubuk Dalam serta Kapolsek Lubuk Dalam.

Agar usaha budidaya lele bioflok ini sesuai standar pemeliharaan yang baik dan benar, kelompok ini dibina langsung oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak. Harapannya agar antar satu kolam dengan kolam yg lain, antar anggota kelompok dalam melakukan budidaya menggunakan SOP yang sama.

Dengan diprakarsai oleh Miftakudin, sejak 2 bulan yang lalu sebanyak 62.000 benih lele sudah ditebar di kolam-kolam bioflok.

Jayus Sutomo selaku Pembina Kelompok mengungkapkan bahwa usaha budidaya lele yang dikembangkan saat ini merupakan strategi dalam menambah penghasilan keluarga. Kedepan usaha ini akan terus dikembangkan menjadi bisnis lele dari hulu sampai ke hilir, sehingga bukan saja sebagai usaha sampingan tapi menjadi bisnis utama dan menjadi trade mark Kampung Sialang Palas.

“Insya Allah di akhir Ramadan sebagian sudah mulai dipanen,” kata Miftakudin.

Untuk mengantisipasi sejak dini, masyarakat Kampung Sialang Palas, melalui Kelompok Pembudidaya Ikan Lele Sangkuriang Mutiara Sialang Palas, menggalakkan kolam-kolam bioflok di 18 KK, masing-masing memiliki 3-4 kolam dengan ukuran 2×2 m sampai dengan 4×4 m.

“Saat ini sudah 43 kolam dengan anggota 18 orang, yang merupakan swakarya dari masyarakat, untuk bibit dan pakan sampai panen, nanti akan dipasok oleh kelompok,” kata Ketua Kelompok Sulardi. (krn/red)

  • Bagikan