Cegah Penyebaran Corona, Felix Siauw Ingatkan Jangan Mudik

  • Bagikan
Cegah Penyebaran Corona, Felix Siauw Ingatkan Jangan Mudik/detik.com

RIAUDETIL.COM  – Ustaz Felix Siauw kembali mengimbau soal pencegahan penyebaran virus corona. Kali ini ia bercerita tentang pesan Rasulullah SAW untuk menahan diri bepergian di situasi wabah.

Felix mengungkapkan salah satu pencegahan yang paling tepat adalah dengan sistem lockdown. Hal ini karena penanganan penyakit dan wabah berbeda.

“Prinsip Islam saat wabah itu sederhana, yang sehat jangan sakit, yang sakit jangan menularkan. Dan untuk menjaga itu, diterapkan sistem yang paling ekstrim: lockdown,” ujar Felix Siauw seperti dilihat di Instagram miliknya, Jumat (3/4/2020).

“Karena pola penanganan wabah itu berbeda dengan pola penanganan penyakit biasa. Sama dengan ilmu kedokteran masa kini, pola penanganan pandemi, harus ekstrim,” lanjutnya.

Felix Siauw memiliki landasan atas pendapatnya tersebut. Ia bercerita di masa lampau, Rasulullah menanggapi adanya wabah yang dialami umatnya dengan mengatakan untuk menahan diri keluar rumah.

“Maksudnya? Semua orang yang berada di wilayah pandemi, harus beranggapan, bahwa dia SUDAH TERTULAR. Karena itu Rasulullah perintahkan, yang di wilayah wabah, JANGAN KELUAR, dan bersabar, bila wafat, pahala syahid.”

Untuk itu, penting untuk tak mudik dulu di tengah pandemi yang sedang berkembang. Masih dari hadist Rasulullah, pesan Nabi SAW untuk tak bepergian di tengah wabah adalah untuk menghindari penularan yang lebih banyak ke banyak orang.

“Tindakan Rasulullah sangat ekstrim, dan mungkin sangat radikal, tapi ini yang diperlukan pada kondisi itu. Karena bila tindakan itu tidak dilakukan, mudharatnya bakal lebih lagi,” urai Felix.

Dikatakan Felix, bakti kepada orang tua tak akan berkurang bila menahan untuk mudik dilakukan saat ini. Rasulullah mengatakan di tengah pandemi, sabar menahan segala sesuatunya menjadi cara untuk membuat wabah berlalu.

“Ingat nasihat Rasulullah, yang sudah ada di wilayah wabah, SABAR. Dan itu artinya BERKORBAN, meskipun kita merasa kita sehat dan tak tertular. Ingat ini wabah, bukan sakit biasa.”

“#JanganMudik, taati ulama untuk tidak menambah potensi penyebaran covid-19 ini, tahan dulu untuk berjamaah. Yang di wilayah wabah, berkorbanlah dengan tetap dirumah, yang diluar, jangan masuk. Rasulullah pasti benar,” tukas Felix.***(detik.com)

  • Bagikan