Klopp Bingung Sampai Ngomel-ngomel karena Gol Kontroversial Bournemouth

  • Bagikan
Juergen Klopp heran dengan keputusan VAR mengesahkan gol Bournemouth. (Foto: Getty Images/Jan Kruger)

RIAUDETIL.COM – Kemenangan Liverpool atas Bournemouth diwarnai gol kontroversial tim tamu. Juergen Klopp heran bagaimana Video Assistant Referee (VAR) meloloskan gol itu.

Liverpool menang 2-1 atas Bournemouth di Anfield, Sabtu (7/3/2020) malam WIB pada laga pekan ke-29 Liga Inggris. Tuan rumah tertinggal lebih dulu usai dibobol Callum Wilson di menit kesembilan.

Gol itu memicu perdebatan. Wilson dalam proses terciptanya gol itu sempat melakukan dorongan terhadap Joe Gomez yang berupaya mengamankan bola.

Dorongan tersebut bikin Gomez kehilangan keseimbangan dan akhirnya kehilangan bola, sehingga Liverpool kebobolan. VAR sempat meninjau kejadian itu, tapi ternyata tak melihat adanya pelanggaran.

Liverpool bangkit dengan gol dari Mohamed Salah dan Sadio Mane, namun satu gol kontroversial tersebut sudah lebih dari cukup untuk bikin mereka kepayahan. Klopp pun heran bukan main dengan VAR.

Karena kesal, Klopp merayakan gol Mane dengan beraksi di hadapan hakim garis. Ia menyesalinya, meski tak bisa menutup kekecewaannya terhadap para wasit di ruang analisis VAR.

“Saya awalnya dalam semangat yang bagus, izinkan saya mengatakannya seperti itu. Sejujurnya, selebrasi itu terjadi, tapi saya tak menginginkannya. Apa saya masih ingin melakukannya sekarang? Tidak. Tapi di momen itu, saya tak paham bagaimana gol (Bournemouth) itu jadi sebuah gol,” ungkapnya dikutip Sky Sports.

“Ada sebuah situasi, kita membicarakannya, tapi kita harus bikin keputusan. Gol itu menunjukkan masalah di VAR masih ada. Itu bukan VAR-nya, sistemnya, masalahnya di manusia dan aturannya. Itu adalah pelanggaran. Sentuhan itu cukup untuk bikin Joe goyah, itu pelanggaran, tidak ada kata lain lagi.”

“Mereka mencetak gol, wasit membiarkannya, itulah sebabnya kita punya VAR, sehingga Anda bisa meninjau. Pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin Anda melihatnya dan tidak bilang, ‘ah iya, itu pelanggaran.’ Mike Dean (ofisial keempat), saya yakin dia melihatnya tapi tak bisa mengintervensi.”

“Jadi dia bilang, ayo cek lewat VAR, dan VAR berlindung di balik frasa ‘tidak jelas dan mencolok’. Itu tak masuk akal, pelanggaran ya pelanggaran, bukan pelanggaran ya bukan pelanggaran. Tapi kalau kejadiannya sejelas itu, Anda melihatnya dan cuma bisa bilang ‘ayolah’,” tandas Klopp.***(detik.com)

  • Bagikan