Kesenian Tradisional Gambus dan Debus Ramaikan Objek Wisata Danau Raja

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menampilkan kesenian tradisional Gambus dan Debus Indragiri di Objek Wisata Danau Raja, Jumat (18/11/2022).

Kepala Disporapar Inhu, Atan SP mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan Kembali kesenian tradisional Inhu yang sudah lama tidak ditampilkan.

“Mengingat beberapa tahun terakhir terjadi pandemi covid-19 yang mengharuskan tidak adanya kerumunan dan Alhamdulillah sekarang sudah mulai ada kelonggaran, Kami dari pihak disporapar berinisiatif mengobati kerinduan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda dengan kesenian tradisional gambus dan debus ini,” ungkapnya.

Penampilan kesenian Gambus dimainkan oleh Pak Tatung, Seniman Gambus asal Suku Talang Mamak, Desa Rantau Langsat, Batang Gansal.

“Sedangkan kesenian debus ditampilkan oleh kelompok kesenian tradisional Dabus As-salam Rengat, yang diketuai oleh Said Samiun,” sambungnya.

Kadisporapar Inhu menjelaskan, kesenian Debus asal Inhu ini masuk dalam salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia pada tahun 2016.

“Sudah seharusnya kita bangga dan wajib melestarikan kesenian debus ini kepada generasi muda,” pungkasnya.

Sekedar informasi, selain debus ada beberapa WBTB Indonesia yang ditetapkan berasal dari Kabupaten Inhu seperti Nandung, Syair Surat Kapal dan Gawai Gedang Talang Mamak. (man)

  • Bagikan