Sudah Banyak Puskesmas di Dumai Sudah Terakreditasi

  • Bagikan
Gubri H Syamsuar bersama Walikota Dumai H Zulkifli AS membesuk warga yang tengah dirawat di Puskesmas Bukit Kapur usai meresmikan Puskesmas tersebut, Rabu (15/1/2020). hrc

RIAUDETIL.COM,DUMAI – Sebanyak 10 Puskesmas yang tersebar di 7 kecamatan di Kota Dumai sudah terakreditasi, tidak hanya terakreditasi, semua Puskesmas juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Demikian diungkapkan Walikota Dumai H Zulkifli AS saat peresmian Puskesmas Bukit Kapur di Jalan Soekarno Hatta Dumai oleh Gubernur Riau H Syamsuar, Rabu (15/1/2020).

“Alhamdulillah, saat ini semua Puskesmas di Kota Dumai sudah terakreditasi, bahkan semua Puskesmas juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” kata Walikota.

Akreditasi ini dimaksudkan agar pelayanan di Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Puskesmas di Dumai yang sudah terakreditasi dan sudah menjadi BLUD yaitu Puskesmas Bukit Kapur, Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bukit Timah, Puskesmas Purnama, Puskesmas Bumi Ayu, Puskesmas Dumai Kota, Puskesmas Jaya Mukti, Puskesmas Sungai Sembilan, Puskesmas Medang Kampai dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.

BLUD, menunjukkan keseriusan dan kepedulian Pemko Dumai untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dumai menjadi salah satu Kota di Riau yang telah berhasil menerapkan BLUD pada seluruh puskesmas. Ini menunjukkan keseriusan dan kepedulian Pemko Dumai untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Wako berharap dengan telah terakreditasi nya semua Puskesmas dan sudah menerapkan sistem BLUD, aparatur Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan kinerja untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Sebelumnya, Gubernur Riau, H Syamsuar meresmikan empat Puskesmas di Kota Dumai yaitu
Puskesmas Bukit Kapur, Bukit Timah, Purnama dan Puskesmas Bumi Ayu yang dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) APBN tahun anggaran 2019, Rabu (15/1/2020).

Peresmian dipusatkan di halaman Puskesmas Bukit Kapur Jalan Soekarno Hatta Bagan Besar Kota Dumai.

Gubri didampingi Walikota Dumai dan undangan lainnya meninjau fasilitas yang ada di Puskesmas Bukit Kapur seperti ruang rawat inap, IGD, apotik, dan membesuk warga yang tengah dirawat di Puskesmas tersebut.(hlc)

  • Bagikan