Dari Hasil Kerja Keras Program Pamsimas KKM Air Jernih Sipogas 2021 Sudah Dimanfaatkan 45 KK di Desa Sialang Jaya

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROKAN HULU – Program Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Air Jernih Sipogas tahun 2021, kini sudah disalurkan dan dimanfaatkan 45 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Itu dikatakan Koordinator Kabupaten Pamsimas Detia Delimas, koordinator Kelompok KKM Hendrio, Pendamping Desa Sialang Syukri Putra, M Nur dan Faisal Akbar, saat dilakukan Uji Fungsi program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) kementerian PUPR, Selasa (14/9/2021).

Dalam Uji Fungsi, hadir Camat Rambah Arie Gunadi, Kapolsek Rambah Ipda Hasmin, Dandim 02/ Rambah Kapten Inf.Kasmir, Kanit Binmas Polsek.Rambah Ipda Zulkarnain, Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay, Sekdes Ahmad Alian, Distrik Project Management Unit Ermanisar dan Kasi Air Bersih Dinas Dinas Perkim serta Hariyanto ST staf Dinas Perkim Rohul.

Dikatakan Detia Delimas, saat Uji Fungsi program Pamsimas bantuan dana pusat Rp225 juta, merupakan Hibah Insentif Desa (HID) dari Kementerian PUPR untuk pengadaan pipa HDPE sepanjang 3.446 meter. Juga ditambah dari Dana Desa (DD) tahun 2021 Rp 1442.367.000 untuk item pengadaan jaringan pipa HDPE dan PVC 1.680 mete, rehab reservoir 1 unit serta Sambungan Rumah (SR) ke 45 unit atau KK.

“Walaupun tidak keharusan, karena desanya memikirkan masyarakat maka dianggarkan dana tambahan dari APBDesnya. Program sudah terealisasi 90 hingga 90 persen dan ada perlu pembenahan sedikit lagi,” sebut Detia.

Detia juga mengakui, kegiatan dilakukan Pemerintah desa untuk program Pamsimas tahun ini berjalan cukup bagus dan memuaskan. Pamsimas louncing tahun ini di beberapa kabupaten tidak termasuk Desa Sialang Jaya, dimana program Pamsimas merupakan HID menuju air minum aman program kementerian PUPR.

“Rencana kita bersama pendamping desa kabupaten, tahun 2022 kita usulkan
lagi di Sialang Jaya mendapatkan program Hibah Insentif Desa Menuju Air Minum Aman (HID MAMA), selain untuk SR nantinya juga bantuan untuk tingkatkan kualitas airnya dengan sistem pengelolaan air bersih,” sebutnya lagi.

Detia berharap, program HID air bersih Pamsimas bisa lolos di Kementerian PUPR untuk menerima bantuan di 2022. Di Rohul sendiri ada 23 desa di yang mendapat bantuan program air bersih tahun ini.

Saat Uji Fungsi, dilakukan pemantauan pipa SR di rumah warga serta di bak reservoir yang dibangun pada 2021, serta air yang dimanfaatkan berasal dari sumber air bersih Sungai Murai dekat saluran irigasi bendungan Sipogas.

Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay, berterima kasih ke pemerinta Kabupaten Rohul dan pihak Pamsimas PUPR yang sudah membantu kegiatan Pamsimas karena dibutuhkan masyarakat.

“Saat ini baru bisa dimanfaatkan 45 KK dari jumlah KK di Sialang Jaya 332 KK tersebar di 4 dusun. Dusun Sungai Bungo sudah teraliri air bersih kita anggarkan di APBDes 2017 untuk SR 38 KK jaringan bak reservoir termasuk bangun 1 MCK di Posyandu dan dan 1 unit lagi MCK di Masjid dengan iruan Rp10 ribu per bulannya per KK,” terang Yuherman Daulay.

Untuk 249 KK lagi yang belum teraliri air bersih, Kades Yuherman mengatakan, akan dilakukan secara bertahap nantinya dianggarkan di APBDes.Di APBN 2022 juga akan diakomodir lagi dari dana APBN yang sudah diusulkan untuk saringan air bersih full lengkap HID MAMA. Juga dalam waktu dekat pihak desa akan terkait Musdes penetapan harga air bersih per kubiknya yang dikelola Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum (KPS PAM)

Camat Rambah Arie Gunadi, dengan pencapaian realisasi pembangunan Pamsimas yang sudah 90 sampai 95 persen dan air sudah mengalir ke rumah-rumah warga dengan adanya pamsimas air bersih ke masyarakat di Desa Sialang Jaya bisa terpenuhi, sehingga masyarakat bisa stop PHBS dengan BAB tidak lagi di sungai jamban.”***(Hsb).

  • Bagikan