Rangkaian Open House Pemkab Rohul, Malam Takbiran Hingga Open House Di Kediaman Bupati Sukiman

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROHUL – pemerintah kabupaten rokan hulu (pemkab-rohul) bersama ribuan masyakat islam, merayakan hari kemenangan yang telah melaksanakan ibadah suci bulan ramadhan dengan menyambut hari raya idul fitri 1439 hijriah kamis, (14/6/2018) malam lalu yang ditandai dengan pemukulan bedug untuk melepas pawai takbiran oleh bupati h.sukiman didampingi forum komunikasi pimpinan daerah.

diacara pelepasan pawai takbiran itu, anggota dprd riau rusli ahmad, kapolres rohul akbp m hasyim rishondua sik msi, dandim 0313 kpr letkol inf beny setiyanto, anggota dewan perwakilan rakyat daerah (dprd) rohul dari fraksi gerindra novliwanda ade putra, pj sekdakab rohul abd haris kakan kemenag rohul drs h syahruddin msy, plt ketua mui rohul ustaz yulihesman sag mpd, ketua pkk hj peni herawati sukiman ketua bhayangkari rohul, para asisten, kabag dan sejumlah kepala dinas, badan, kantor, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, camat rambah hadir disana.

start pawai takbir dimulai dari dataran tinggi pematang baih depan purna astaqa mtq provinsi riau,tepatnya di depan masjid agung islamic center (maic) pasir pengaraian desa pematang berangan kecamatan rambah hingga simpang kilometer 4 jalan lingkar desa suka maju melintasi ibu kota kabupaten negeri seribu suluk itu.

dalam kesempatan itu, bupati rohul h sukiman didampingi unsur forkopimda, atas nama pemerintah kabupaten rokan hulu mengucapkan selamat idul fitri 1 syawal 1439 h, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.

“hari ini merupkan hari kemenangan akbar melawan nafsu duniawi selama menjalankan ibadah puasa. kami mengajak masyarakat rohul untuk memaknai perayaan idul fitri ini sebagai momentum membangun kesadaran diri, terutama meningkatkan ketakwaan kita kepada allah swt, karena bulan ramdhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim,” katanya.

lanjut sukiman menambahkan, setiap kegiatan setiap ucapan agar di dasarkan pada ibadah, agar tidak timbul unsur unsur yang mengganggu ketertiban dan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

“kita di sini rokan hulu, ada beragam suku, agama berbaur menjadi satu dalam suasana kegembiraan. namun tetap tercipta kedamaian. nah, hal ini harus tetap kita pertahankan semuanya kita harus bersatu padu,” tegasnya.

bupati rohul h sukiman sangat mengapresiasi pawai takbir ini, bahkan sangat istimewa bagi dirinya. sebab, kegiatan ini terlihat sangat meriah sekali, dan menurutnya pada malam ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi dirinya, beliau juga mengatakan bahwa pawai takbir ini akan tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“mudah-mudahan kegiatan ini menjadi agenda tahunan karena program keagamaan di negeri seribu suluk benar-benar teraplikasi di tengah-tengah masyarakat, saya sangat senang dengan pawai seperti ini,” tuturnya.

menurutnya, semua keberhasilan ini berkat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat rohul, ini terbukti di rohul ada pesta besar dan pesta agung dengan membesarkan nama allah yang agung, ternyata syiar dakwah islamiyah di rohul tidak hanya ucapan saja, tapi benar tampak dan meriah.

kegiatan pelepasan pawai takbir diawali dengan pemukulan beduk dipimpin oleh bupati rohul di dampingi para pejabat teras rohul, pemukulan beduk itu diiringi dengan pelepasan pawai takbir sembari mengibarkan bendera start pertanda dimulainya konvoi dengan iing iringan ratusan kendaraan.

bupati melepas secara resmi. tampak beragam kreatifitas ratusan mobil hias menampilkan kreasi seni dari masing-masing pengurus masjid di seputaran kota pasir pangaraian diawali dengan laporan komandan pawai kanit lakalantas polres rohul ipda efendi lupino dan selama pawai dikawal oleh personil gabungan polres rohul.

sementara itu, dari laporan ketua panitia ruslan juga austen i setdakab rohul menjelaskan, bahwa peserta pawai berasal dari pengurus masjid di seputar kota pasir pengaraian dari 17 masjid. dan esok paginya akan dibuka open house bagi masyarakat di kediaman bupati rohul.

kemudian, usai pelaksanaan shalat Idul Fitri Bupati Sukiman menggelar Open House di rumah dinas Bupati Rohul yang berada di kawasan komplek praja kabupaten rokan hulu. Open house tersebt digelar selama dua hari, pertama khusus masyarakat umum dan pejabat dilingkungan pemkab rohul.

Bagi para tetamu yang berdatangan, Bupti Sukiman telah menyiapkan berbagai jenis kue lebaran, makanan ringan, minuman sekaligus menyiapkan makan siang. Tak hanya itu para tamu juga dimanjakan yang dihibur dengan lagu-lagu islami beserta lagu melayu oleh artis melayu riau. Kemudian para tamu mengabadikan momen idul fitri tersebut yakni berfoto bersama Bupati Rohul H Sukiman. (***)

  • Bagikan