Akibat Hujan Deras, Jembatan Penghubung Desa Siambul Roboh

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Hujan deras yang terjadi mulai Pukul 03.00 WIB hingga Pukul 06.00 Pagi, pada Sabtu (25/12/2021) kemarin tidak hanya mengakibatkan banjir di Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan robohnya jembatan Desa Pejangki Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Hujan deras tersebut juga mengakibatkan robohnya jembatan penghubung desa Siambul dengan Kampung Baru Siambul, Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu.

Berdasarkan informasi yang didapat, jembatan yang memiliki panjang 15 meter dan tmemiliki rangka besi dengan alas kayu tersebut ambruk akibat hantaman air sungai yang meluap karena hujan deras.

Derasnya arus air menyebabkan abrasi dan menggerogoti tiang penyangga jembatan, akibatnya membuat akses warga dari dan keluar desa menjadi terputus.

Sekretaris Desa (Sekdes) Siambul Kecamatan Batang Gansal Waryono dihubungi, Ahad (26/12/2021) membenarkan bahwa jalan penghubung desa yang ada di Desa Siambul Ambruk pada Sabtu dini hari kemarin.

“Jembatan tersebut merupakan satu – satunya akses warga untuk keluar dan masuk desa menggunakan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua,” katanya.

Dijelaskannya bahwa jembatan tersebut dibangun pada tahun 2016 yang lalu melalui APBD Provinsi Riau dengan konstruksi beton, namun karena derasnya hujan hujan pada sabtu tersebut menyebabkan abrasi sehingga jembatan tersebut roboh.

Dirinya berharap ada solusi dari pemerintah, karena jalan tersebut juga digunakan warga untuk mengangkut hasil pertanian, tutupnya. (man)

  • Bagikan