Amankan Nataru, Polres Inhu Ada Dirikan 4 Pos Pengamanan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Untuk pengamanan Natal 2021 dan tahun baru 2022, Polres Indragiri Hulu (Inhu) telah mendirikan 4 unit pos, yakni 2 unit Pos Pengamanan (Pospam) dan 2 unit Pos Pelayanan (Posyan), keempat pos tersebut resmi difungsikan sejak dilaksanakan gelar pasukan atau pergeseran pasukan pengamanan Nataru.

Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso S.Ik, M.Si melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu Aipda Misran Selasa, Jumat 24 Desember 2021 siang menjelaskan, masing-masing pos memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, namun tetap mengarah pada pengamanan Nataru.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk 2 unit Pospam, berada di simpang Japura Kecamatan Lirik dan Desa Seberida Kecamatan Batang Gansal.
Pospam memiliki tugas untuk mengamankan situasi Kamtibmas jalur lalu lintas dimasa pandemi Covid-19.

“Petugas siaga pada Pospam terdiri dari personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Tenaga Kesehatan (Nakes), Senkom serta instansi terkait lainnya,” terang Misran.

Sedangkan, Posyan berada di simpang patin Pematang Reba dan depan pasar buah Belilas.Posyan memang berada pada pusat keramaian aktifitas masyarakat, karena sesuai fungsinya, Posyan betugas untuk melayani masyarakat pada pusat keramaian sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sebab, lanjutnya, pada pusat keramaian tersebut, rawan terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes), seperti tidak memakai masker dan terjadinya kerumunan atau tidak menjaga jarak.

“Petugas pada Posyan adalah personel organik Polri, artinya di Posyan semua petugas adalah personel Polri, bukan personel gabungan seperti Pospam,” pungkas Misran. (man)

  • Bagikan