Anggota TNI dan BPBD lnhu Tangkap Pelaku Karhutla

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Sejak sebulan terakhir, Komandan Kodim (Dandim) 0302 Kabupaten lndragiri Hulu (Inhu) Letkol Arh Hendra Roza Sip, memerintahkan seluruh personil TNI di wilayah Kabupaten Inhu dan Kuansing (Kuantan Singingi), untuk memadamkan titik api pada hutan dan lahan yang terbakar.

Selain ikut memadamkan api, personil TNI diperintahkan untuk menangkap dan mengamankan pelaku yang tertangkap tangan sedang melakukan pembuatan kebun dengan cara membakar.

“Personil TNI yang berhasil menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan akan saya kasih hadiah dalam bentuk uang,” kata Dandim.

Pada hari ini, Selasa (17/9/2019) personil TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Kodim 0302 Inhu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berhasil mengamankan pelaku pembakaran lahan di Desa Pasir Kemilu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu.

Pelaku yang diduga pembakar lahan tersebut bernama Ismail (30), warga Jalan Lintas Pematang Rebah – Rengat.

“Penangkapan ini dilakukan oleh Serma Pohan dibantu Serka Sumarno dan Kakorlap BPBD Inhu Anton,” terangnya.

Dijelaskan Dandim, penangkapan ini pertama kali diketahui saat personil tim satu Subsatgas Gab II Dim 0302 beserta Sat BKO Yonif 131, BPBD, Manggala dan Masyarakat sedang melaksanakan pendinginan titik asap di Kelurahan Sekip Hilir.

“Ada laporan sedang terjadi kebakaran lahan di Desa Pasir Kemilu, maka tim bergerak cepat kelokasi yang dimaksud, saat itu ditemukan seseorang yang ada di lokasi dan sedang melakukan pemadaman api,” ujar Dandim.

Kemudian, personil melakukan interogasi kepada diduga pelaku yang saat itu ikut memadamkan titik api yang dimaksud.

“Dari pengakuan pelaku saat itu, dia sedang istirahat merokok, kemungkinan api dari putung rokoknya yang menyebabkan kebakaran,” terang Dandim lagi.

Atas keterangan beberapa pihak, pelaku kita serahkan ke Polres Inhu untuk di tindak lanjuti, sebab ada pengakuan orang lain, kalau pelaku yang diamankan tersebut sengaja melakukan pembakaran lahan.

Selain itu juga, personil meyakini pelaku sengaja membakar lahan, sebab saat tim Satgas beserta anggota BPBD datang kelokasi kebakaran lahan, tersangka baru sibuk memadamkan api, sementara api sudah meluas lebih kurang 2000 meter persegi.

“Lahan dibakarnya merupakan lahan yang sedang dalam tahap pembersihan, pelaku berencana akan menanam palawija,” tutup Dandim. (Man)

  • Bagikan