Disdukcapil Inhu Lakukan Perekaman di SMAN 1 Rengat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali turun melakukan perekaman e-KTP, Senin (30/1/2023), kali ini perekaman dilakukan di SMAN 1 Rengat.

Perekaman e-KTP kali ini sebagai tindak lanjut yang dilaksanakan pada tahun 2022 lalu. Dimana pada tahun 2022,, telah dilakukan perekaman e-KTP di tiga sekolah yakni di SMAN 2 Rakit Kulim, MA Nurul Falah Air Molek dan SMAN 1 Kelayang.

Kepala Disdukcapil Inhu, Syaiful Bahri S.Sos mengatakan bahwa, pelaksanaan perekaman e-KTP ke tingkat sekolah merupakan salah satu yang ditekankan Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE. Hal ini berkaitan langsung untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Bupati berharap, jelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Adminduk warga terutama e-KTP sudah tuntas. Sehingga hak warga untuk ikut Pemilu dapat terpenuhi,” sebut Kepala Disdukcapil Inhu, Syaiful Bahri S.Sos.

Selain mensukseskan pelaksanaan Pemilu, perekaman e-KTP ini dinilai penting bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan atau lainnya. Sehingga melalui kegiatan ini, pemerintah lebih awal hadir untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Karena setiap tahunnya, siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi akan disibukkan dengan Adminduk,” katanya.

Makanya, sebelum berakhirnya masa pendidikan di tingkat SMA sederajat, masing-masing siswa sudah memiliki Adminduk atau e-KTP, biasanya, sebelum berakhir masa pendidikan di tingkat SMA, sudah ada siswa yang mengajukan berkas ke tempat kuliah kedinasan atau pendidikan pilihannya.

Dalam pada itu, Sekretaris Komite SMAN 1 Rengat, Gatot Subroto mengatakan bahwa, pihaknya mendukung program jemput bola untuk perekaman e-KTP bagi siswa.

“Progam ini sangat membantu para orangtua ketika anaknya sudah berusia 17 tahun atau wajib e-KTP,” ucapnya.

Sehingga pihaknya membuka kesempatan penuh kepada Pemkab Inhu melalui Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP. “Tadi ada sebanyak 93 siswa yang mengikuti perekaman,”terangnya. (man)

  • Bagikan