Masyarakat Desa Siambul Bangun Jalan Menuju Air Terjun Naga Jatuh

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Untuk memajukan salah satu objek wisata yang ada di Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada tahun 2017 yang lalu Pemerintah Desa membangun Akses Jalan kesalah satu air terjun yang ada di daerah tersebut.

Ketua LPM Desa Siambul yang juga Sekretaris TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Desa Siambul Rudi Damanik jum’at (2/2/2018) membenarkan bahwa pada tahun 2017 fihaknya ada membangun semenisasi sepanjang 2 Km dengan menggunakan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

“Semenisasi tersebut dibangun dengan anggaran Rp. 390 juta dipotong pajak,” katanya.

Untuk membangun semenisasi tersebut Pemerintah Desa Siambun menggunakan tenaga masyarakat setempat, dan tidak menggunakan fihak ketiga, terangnya.

Sementara itu Anggota DPD Desa Siambul Yusman mengatakan sejauh ini tidak ada permasalahan dengan pembangunan semenisasi tersebut.

Diakuinya, meski terdapat beberapa kekurangan seperti ketebalannya yang tidak sempurna namun panjang semenisasi tersebut melebihi dari dari yang dianggarkan yaitu 2.049 meter.

“Selain itu biaya lansir bahan untuk membangun semenisasi tersebut cukup tinggi, hal ini dikarenakan mobil tidak bisa masuk lokasi, karena harus melewati jembatan gantung,” terangnya.

Dana 390 juta rupiah ini boleh dibilang minim untuk membangun semenisasi tersebut, hal ini dikarenakan sulitnya akses jalan untuk membawa bahan sampai kelokasi, pungkasnya.

Sementara itu seorang warga setempat mengaku puas dengan adanya pembangunan jalan semenisasi tersebut, sebab dengan adanya jalan tersebut memudahkan masyarakat untuk membawa hasil perkebunan mereka.

“Selain sebagai akses menuju air terjun semenisasi tersebut juga menjadi akses jalan bagi masyarakat untuk membawa hasil perkebunan mereka yang selama ini sangat sulit dilalui,” pungkasnya. (Man)

  • Bagikan