Panen Raya Padi Sawah di Kecamatan Kelayang Berlangsung Meriah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Kegiatan Panen Raya Padi yang dilakasanakan Ahad (6/8/2017) di Desa Dusun. Tua Kecamatan Kelayang Kabupaten. Indragiri Hulu (Inhu) berlangsung sukses dan meriah, sawah ini merupakan hasil penanaman 2017 Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rezek Desa Dusun Tua.

Panen Raya yang bertemakan “Mari dukung percepatan Swasembada Pangan melalui program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai Kabupaten Inhu” ini dihadiri oleh Bupati Inhu H yopi Arianto, Plt Sekda Inhu H. Hendrizal, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Plt Kadis Pertanian dan Perikanan (Distankan) Inhu, R Agus Widodo, Dandim 0302 Letkol Inf Mujiburahman Hadi SE, Ketua KNPI Inhu, Camat Kelayang Kamaruzaman Ssos, kapolres Inhu diwakili oleh Kasat Binmas AKP H Arsyad, Para Kadis se-Inhu.

Selain itu turut hadir Kepala Desa (Kades) dusun Tua Maddari, Para Pengurus Pemuda pancasila (PP), Karang Taruna, Ka Bulog, Kepala Bappeda, Para Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dusun tua dan para undangan lainnya.

Camat Kelayang, Kamaruzaman Ssos mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Inhu beserta jajaran lainnya yang sudah melaksanakan serta turut memeriahkan acara panen padi tahunan ini.

Sementara itu Kadistankan Inhu, Agus Widodo dalam sambutannya juga mengatakan, acara panen raya padi sawah di Desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang merupakan suatu kegigihan dan usaha kerja keras para petani khususnya dikecamatan Kelayang dalam meningkatkan sandang pangan di Kabupaten Inhu.

Saya sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras dan usaha para petani yang ada di kecamatan Kelayang dan petani yang ada di Kabupaten Inhu dalam meningkatkan sandang pangan di Inhu ini,” ujarnya.

Semoga kedepannya para petani menjadi lebih mantap lagi dan sukses, singkatnya.

Sementara itu Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengatakan, panen raya tahun ini merupakan yang paling meriah dari pada tahun sebelumnya, dirinya berharap setiap tahunnya akan terus diadakan panen raya yang lebih meriah lagi.

“Saya salut dengan sambutan dan antusias masyarakat Desa Dusun Tua yang melakukan sambutan dengan pertunjukan pencak silat dari anak anak hingga orang dewasa,” katanya.

Menjadikan panen raya Ini sebagai acara panen raya tahunan yang paling meriah dari tahun sebelumnya.

“Kepada Kadistankan Inhu agar lebih memperhatikan para petani yang ada di dusun tua, tujuan juga untuk meningkatkan swasembada pangan di Inhu supaya tidak mengalami krisis,” ujarnya.

Bupati juga memberikan kesempatan kepada para petani untuk mengaspirasikan keluhannya selama bertani agar kiranya nanti bisa mengkedepankan kemajuan para petani dan tidak menjadi penghalang bagi kesejahteraan masyarakat khususnya desa dusun tua Kecamatan Kelayang.

Selanjutnya, Bupati memberikan bantuan benih padi sawah, 1 hand traktor, pupuk organik cair (POC), serta pompa air besar kepada 6 Kelompok Tani Kecamatan Kelayang. Kemudian penyerahan bantuan traktor roda 4 dan hend traktorkepada upja Agri mulya Desa Bukit Selanjut. (Man)

  • Bagikan