Kanan 1

PDI Perjuangan Inhu Gelar TOT Saksi Pilkada 2020

  • Bagikan
PDI Perjuangan Inhu Gelar TOT Saksi Pilkada 2020

RIAUDETIL.COM, RENGAT – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Training Of Trainer (TOT) Saksi Pilkada 2020, Senin (21/9/2020) di Kafetaria Hotel Danau Raja, Jalan Sultan Kelurahan Kampung Dagang Rengat.

Kegiatan ini dilakukan oleh BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) Daerah PDI Perjuangan Provinsi Daerah dan dibuka oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Inhu H. Khairizal M.Si yang juga Wakil Bupati (Wabup) Inhu.

Khairizal mengatakan bahwa pelatihan saksi ini perlu dilakukan, karena saksi bukan hanya sekedar melihat dan menyaksikan saja, melainkan juga harus memahami aturan serta kulipait.

“Karena jika terjadi konflik Pilkada saksi di TPS inilah nantinya yang akan menjadi saksi kunci jika permasalahan sampai ke pengadilan,” terangnya.

Untuk itu diharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti TOT ini dengan serius sehingga apa yang disampaikan oleh pemateri dapat ditangkap dengan baik dan dilaksanakan pada saat bertugas nanti.

Dijelaskannya juga bahwa setelah mengikuti TOT ini nantinya para peserta akan ikut ujian dan diberikan sertifikat tanda kelulusan sebagai peserta TOT, tutupnya.

Sementara itu Kepala BSPN PDI Peruuangan Provinsi Riau Ir Jhon D Girsang SH di PDIP ada Badan salah satunya BSPN yang tugasnya mengawal suara, mulai mempersiapkan saksi di TPS sehingga dia tau apa hak dan kewajiban di TOT

Merupakan salah satu instruksi DPP yang harus dilaksanakan, keanggotaan BSPN terdiri Anggota DPC dan Ranting hingga struktur terkecil partai.

“Dalam BSPN ada Guraklih (Regu Penggerak Pemilih) yang tugasnya melakukan pemetaan disetiap daerah yang tujuannya menang disetiap daerah,” ujarnya

Dalam kesempatan ini kita melakukan pelatihan terhada utusan kecamatan, dimana setiap kecamatan diutus 3 orang, merekalah selanjutnya yang akan melakukan pelatihan ini terhadap jenjang-jenjang selanjutnya.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari terhitung hari ini Senin (21/9/2020) hingga Selasa (22/9/2020), guna mempersiapkan saksi yang terlatih disetiap TPS,” pungkasnya. (Man)

  • Bagikan