Penyuluhan Bahaya Rokok dan Narkoba oleh Mahasiswa Kukerta UNRI kepada Anak SD Desa Pasir Kemilu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Rokok adalah jalan awal menuju narkoba. Lebih spesifik lagi, rokok itu sendiri sebenarnya termasuk ke dalam definisi narkoba. Penduduk Indonesia sendiri merupakan salah satu konsumen rokok terbesar di dunia, serta memiliki produksi rokok yang tidak kalah besarnya.

Indonesia menjadi negara dengan perokok aktif terbanyak di ASEAN. Lebih dari sepertiga populasi Indonesia (36.3%) adalah perokok. Bahkan, Yogyakarta, kota yang dikenal sebagai kota berpendidikan dan berbudaya, berada di peringkat ke-4 dengan jumlah perokok tertinggi di Indonesia di bawah Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Hal ini yang mendorong Mahasiswa Kukerta UNRI semangat menghimbau penerus bangsa khususnya anak SD serta remaja melalui penyuluhan rokok dan narkoba di Desa Pasir Kemilu ini.

Mahasiswa UNRI melakukan edukasi untuk mengajak seluruh anak dan remaja di Desa Pasir Kemilu agar berperan aktif dalam mencegah dan melindungi dirinya sendiri, teman sebaya, keluarga, dan masyarakat di lingkungannya agar tidak terpapar bahaya rokok dan narkoba.

Guru-guru di masing-masing Sekolah Dasar mendukung penuh aksi penyuluhan ini dengan turut berpartisipasi dan memfasilitasi kegiatan penyuluhan rokok dan narkoba kepada Mahasiswa Kukerta UNRI.

Penyuluhan terus dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta UNRI sebagai upaya perlawanan keras terhadap rokok dan narkoba yang semakin gencar dilakukan.

Penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 24 Juli 2022 di SDN 024 dan 29 Juli 2022 di SDN 021 Pasir Kemilu dan telah mendapat izin Kepala Sekolah dari kedua sekolah tersebut.

“Kami sangat senang dengan adanya penyuluhan ini. Kami sangat berharap melalui penyuluhan yang dilakukan oleh teman-teman Mahasiswa Kukerta UNRI mampu memberikan kesadaran kepada anak-anak didik kami agar tidak mendekati rokok maupun narkoba,” ucap Kepala Sekolah SDN 024 Pasir Kemilu.

Kegiatan Penyuluhan ini diakhiri dengan memberikan kuis kepada Anak-anak Sekolah Dasar tentang materi yang telah disampaikan dan penegasan kembali betapa bahaya nya rokok dan narkoba kepada para penerus bangsa ini.

Say No to Drugs? Hidup sehat tanpa rokok dan narkoba. (man)

  • Bagikan