Polres Meranti Launching Polisi RW

  • Bagikan

Kepulauan Meranti – Polres Kepulauan Meranti, menggelar Launching Polisi RW 2023 secara virtual dan terhubung dengan Polda Riau di ruang terbuka hijau (RTH) LAMR jalan Dorak Selatpanjang. Rabu (14/6/23) pagi

Plt Bupati Kepulauan Meranti H.Asmar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa konsep Polisi RW yaitu memungkinkan terjadinya interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembankan sikap yang positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami akan layanan yang dibutuhkan, menyadarkan komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh polisi, serta membuka peluang untuk bekerjasama berusaha untuk mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas serta menerapkan prinsip community policing akuntabilitas.

“Polisi RW ini bagian dari arahan Kapolri melalui perintah Presiden RI agar polisi lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga sosok polisi sebagai pelindung, pengayom juga pelayan masyarakat bisa terwujud,” ujar Asmar.

Katanya, Polisi RW juga beragam potensi yang baik, mulai dari memperkuat kelompok jaga warga, bersinergi menjalin komunikasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di lingkungannya

“Selain itu, Polisi RW juga diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi, dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat,” harapnya.

Dalah kesempatan itu, Kapolda Riau Mohammad Iqbal, berharap TNI-Polri dapat bekerjasama dalam melaksanakan tugas dalam memberikan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat.

“Sosok polisi harus menjadi pelindung, pengayom dan pelayan, sahabat membantu masyarakat, bikin masyarakat tersenyum. Buat mereka merasa aman dengan kehadiran polisi RW ini,” pesan Iqbal.

Sementara itu, Gubernur Riau H.Syamsuar, berharap agar Polri selalu menjalin kerjasama yang baik dan melibatkan seluruh organisasi di masyarakat, serta pemecahan masalah dengan baik.

“Dengan begitu, kita dapat mencegah munculnya gangguan kamtibmas. Bantu aktifkan kembali siskamling supaya berjalan dengan baik melalui masyarakat dan polisi,” harap Syamsuar.

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan