Polres Meranti Resmikan Lapangan Tembak Bharadaksa

  • Bagikan
Foto : Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal bersama Kapolres Kepulauan Meranti Andi Yul sedang menunjukkan hasil tembakan

Kepulauan Meranti – Polres Kepulauan Meranti resmikan lapangan tembak di Markas Besar (Mabes) Polres Kepulauan Meranti Jalan Gogok Darussalam. Kamis (15/6/23) pagi.

Dalam sambutan Kapolres Kepulauan Meranti Andi Yul, mengatakan bahwa nama lapangan tembak tersebut diambil dari nama Bhara Daksa (Bhayangkara dan Daksa) yang merupakan angkatan Akpol 1991 dan menjadi angkatan istimewa.

“Salah satu lulusannya kini berpangkat Kapolri yakni Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga bagian dari bataliyon Bhara Daksa yang menjabat sebagai ketua alumni Akpol 1991,” ujar Andi.

Ia menambahkan, lapangan tembak ini nantinya bisa digunakan anggota Polri untuk berlatih. Sehingga keterampilan anggota Polri dalam menembak menjadi lebih bagus.

“Kami terus berbenah melakukan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang semakin kompleks. Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana pendukung untuk dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme anggota Polres Kepulauan Meranti,” tuturnya.

Menurutnya, di seluruh Polres lingkungan Polda Riau, rata-rata sudah memiliki lapangan tembak. Sedangkan untuk Polres Kepulauan Meranti baru saja terbangun.

“Dalam pelaksanaan tugas, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan yang kami asah dan itu merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh personil Polres Kepulauan Meranti. Sebelumnya kami belum dapat melakukan latihan menembak seperti dengan polres lain karena memang belum memiliki lapangan tembak, sehingga untuk latihan kami harus pergi Polda Riau,” bebernya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti H.Asmar, dalam sambutannya mengatakan bahwa lapangan tembak ini sangat penting untuk menunjang peformalitas dan kualitas sebagai Polisi RI.

“Dengan diresmikan lapangan tembak, diharapkan dapat digunakan secara maksimal oleh personil untuk latihan menembak guna menambah modal awal sebagai seorang Polri, sehingga langkah ini bisa menguatkan kapasitas dalam menjaga keutuhan NKRI,” ucap Asmar.

Kemudian, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Muhammad Iqbal, memberikan apresiasi kepada Kapolres Kepulauan Meranti yang dianggap berhasil dalam mengemban tugasnya.

“Pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa ini tidak terlepas dari peranan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul yang dianggap mampu melakukan komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam membuat beberapa terobosan pembangunan fasilitas di Makopolres,” ungkap Iqbal.

Sekedar informasi, Saat ini lapangan tembak berukuran 30×64 meter yang dibangun menggunakan APBD perubahan 2022 lalu. Lapangan ini digadang-gadangkan menjadi yang terbesar dari seluruh Mapolres di Provinsi Riau. Dengan spesifikasi pembangunan lapangan tembak meliputi pagar pembatas lapangan tembak setinggi 2.5 meter pada bagian samping dan bagian depan, dan pagar setinggi 3.5 meter pada bagian belakang.

Selain itu, lapangan tembak ini juga dibangun lengkap dengan tribun penonton berukuran 6 x 25 meter dan juga WC beserta gudang. Pada bagian sasaran tembak dibuat dengan gundukan tanah dan tumpukan ban mobil yang berjumlah 2.600.

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan