Bawaslu Pelalawan Nilai Kesadaran Kurang, Ribuan APK Ditertibkan

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil. com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Pelalawan dibantu personil kepolisian dan Satpol PP,pada Ahad (14/4/2019) memasuki hari pertama masa tenang harus  bekerja keras melakukan penertiban dengan mencopot seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baleho, spanduk, poster, umbul – umbul,bendera,atiker dan lain sebagainya.
Tim yang bergerak melakukan penertiban mulai melakukan penertiban sejak pukul 14.00 wib menghentikan  penertiban sekira masuk waktu maghrib.
” Kita dahulukan di jalan – jalan utama seperti Lintas timur dan jalan warga lainnya. Masih banyak bertebaran APK yang akan Kita sambung esok hari. Begitu juga di seluruh kecamatan di Pelalawan juga ditertibkan oleh Panwaslu bersama aparat, ” papar Mubrur, S. PI  Ketua Bawaslu Pelalawan kepada riaudetil. com, Ahad (14/4/2019).
Mubrur menilai kesadaran partai,tim maupun relawan untuk mencopot APK memasuki hari tenang.
” Calegkan juga dibawah partai. Padahal partai dan tim sudah kita surati, namun kenyataannya kesadaran untuk mencopot sangat kurang,meski ada sebagian kecil dari caleg yang mencopot apk,” ungkapnya.
Ditambahkan Mubrur, pihaknya menargetkan, jelang pelaksanaan Hari H Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang,seluruh APK Sudan ditertibkan.
” Jumlahnya sangat banyak. Kita akan sisir terus sampai selesai. Yang sudah dicopot,sebagian diletakkan di kantor bawaslu dan sebagian di Mako Satpol PP. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu,” ujarnya.
Dilanjutkannya, UU Pemilu itu mengatur sejumlah hal yang dilarang dilakukan peserta pemilu ataupun media sosial, media massa dan lembaga penyiaran selama masa tenang.Begitu juga
berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8, APK harus diturunkan atau diturunkan peserta Pemilu paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara.
” Makanya Kita amat menyayangkan kurangnya kesadaran di Pelalawan ini untuk menertibkan APK dan  harus Kita tertibkan semuanya, ” tukasnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan