Berbasis Lingkungan, 2 Sekolah Dasar Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional Dari Menteri LHK

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,PELALAWAN-Torehan prestasi gemilang kembali diraih sekolah dasar di kabupaten Pelalawan. Dimana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia menetapkan dua sekolah masing SDN 010 Pkl Kerinci dan SD Global meraih Adiwiyata Nasional Tahun 2016. Dua sekolah ini dianggap telah berhasil melestarikan lingkungan hidup.
” Ya alhamdulillah, dua sekolah kita di kabupaten Pelalawan mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2016. Sedangkan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, tanggal 13 Desember 2016 di gedung Manggala Wanabhakti Jakarta,”jelas Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan Syamsul Anwar SH MH diruang kerjanya Rabu 14 Desember 2016.
Disampaikan oleh mantan Sekretaris Dinas Tata Kota, Kebersihan dan Pertamanan Pelalawan ini, bahwa dua sekolah peraih Adiwiyata Nasional tahun 2016 ini dinilai telah berhasil menerapkan sekolah yang berbasis lingkungan hidup. Pasalnya, penghargaan Adiwiyata Nasional ini diberikan kepada sekolah yang mampu menerapkan empat indikator yakni kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan dan sarana prasarana berbasis lingkungan.
” Selain itu, penghargaan Adiwiyata ini juga bukan hanya sekadar diberikan kepada sekolah terbersih, indah, nyaman dan aman saja. Namun yang terpenting, pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan harus mampu membudayakan hidup bersih di lingkungan sekolah,” jelasnya.
Mantan Sekretaris Dinas Kehutanan Pelalawan ini menambahkan, bahwa dengan komitmen tersebut, maka dua sekolah yakni SDN 010 Pkl Kerinci dan SD Global berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2016.
” Dengan penghargaan Adiwiyata Nasional dua sekolah ini, maka tentunya akan semakin membuka peluang kabupaten Pelalawan untuk meraih Piala Adipura Kencana setelah belum lama ini berhasil meraih sertifikat Adipura kota kecil bersih. Namun demikian, tentunya pengelolaan daerah di bidang lingkungan harus bisa terus di tingkatkan. Artinya, peran seluruh pihak mulai Dinas dan instansi terkait beserta Tim dan masyarakat, sangat dibutuhkan agar keinginan kita untuk meraih piala adipura dapat terwujud. Dan untuk mengejar keinginan tersebut, maka saat ini berbagai program terus kita lakukan dan digesa untuk menciptakan Pelalawan yang bersih, kawasan hijau nyaman sejuk dan asri, TPA juga fasilitas umum lain, seperti pasar, sekolah, taman hijau, taman kota yang telah mulai ditata dengan baik. Dengan demikian, maka tentunya kita optimis Piala Adipura ini dapat segera kita raih,” ungkapnya seraya menambahkan pada tahun 2015 lalu tiga sekolah kita juga meraih Adiwiyata Nasional tahun 2015. Yakni SD Swasta Anwar Karim II Sorek kecamatan Pangkalan Kuras, SD Negeri 011 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras dan SMP Negeri 1 Kecamatan Bandar Seikijang, @Aprianto

 

  • Bagikan