Dewan Pelalawan Ini Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Lakukan Terobosan Rill Atasi Karlahut

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil. com – Masih berlangsungnya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di sejumlah daerah di Propinsi Riau terkhusus di Kabupaten Pelalawan hingga menyebabkan kabut asap ditambah asap kiriman dari karlahut di luar Propinsi Riau,politisi PKS H. Abdullah,S.Pd yang juga anggota DPRD Pelalawan angkat bicara.
Menurutnya, Pemerintah Pusat,Propinsi,Kabupaten/Kota diminta bersinergi melakukan terobosan rill dalam melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan yang selama ini masih berlangsung.
Dikatalannya, ada 4 hal yang harus dilakukan dengan melibatlan seluruh elemen masyarakat, instansi,swasta dan seluruh pihak lainnya. Pertama, para ulama dan tokoh rohani mengkoordinir ummatnya untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk menurunkan hujan keseluruh area utk menghilangkan api dan membuang asap.
Kedua, lanjutnya, sistem rayonisasi tim pemadam api yang didalamnya termasuk perusahaan – perusahan mesti pro aktif dan bertanggung jawab terhadap area dalam rayonnya, meskipun yang terbakar bukan lahan yang dikuasainya. Tim task force setiap perusahaan melaporkan kepada pimpinan rayon atau camat
Ketiga, pemilik – pemilik lahan pribadi dengan luas yang besar, mesti membuat komitmen menjaga area wilayahnya masing masing dari potensi kebakaran.Ke empat, masyarakat peduli api didesa dan kelurahan – kelurahan  diaktifkan dan anggaran dana desa/kelurahan dimaksimalkan dalam upaya penanggulangan kebakaran sesuai dengan aturan yang berlaku
” Kita sangat salut dengan semangat dan kerja keras dari tim bersama satgas karlahut Kabupaten Pelalawan yang bertupus lumus dilapangan melakukan pemadaman diareal yang terbakar dan itu Saya saksikan sendiri. Namun tentunya perlu dukungan nyata dan rill melalui terobosan – terobosan yang konkrit dari Pemerintah Pusat,Propinsi dan Kabupaten/Kota,” tukasnya. (ZoelGomes)
  • Bagikan