Pantauan Patroli udara,Satgas Karlahut Pelalawan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Pulau Muda

  • Bagikan

Teluk Meranti,riaudetil.com – Saat ini Tim Gabungan Satgas Karlahut Kabupaten Pelalawan berjibaku memadamkan kebakaran lahan kosong seluas lebih kurang 4 hektar milik masyarakat Sibekek desa pulau muda kecamatan teluk meranti Kabupaten Palalawan.

Bupati Pelalawan H. M. Harris didampingi Kapolres AKBP. Kaswandi Irwan, S.IK,Kepala BPBD Hadi Penandio, Kasatpol PP dan Damkar Abu Bakar, FE berkesempatan melakukan patroli udara dengan menggunakan helikopter milik PT. Sinar Mas.

Usai melakukan patroli udara, Bupati Pelalawan HM.Harris kepada awak media menyebutkan bahwa kebakaran lahan di pulau muda didapati sejumlah titik disepanjang hamparan lahan kosong warga lebih kurang seluas 4 hektar. Tim gabungan satgaa karlahut sedang melakukan pemadaman baik tim darat maupun udara dengan water bombing dari perusahaan Sinar Mas.

” Api tidak membesar karena dan titik api menyebar di beberapa titik. Api tidak membesar dikarenakan lahan gambut yang berada dibawah dalam kondisi basah. Tim masih yerus melakukan pemadaman dan Kita berharap dapat segera tuntas, ” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP. Kaswandi Irwan, SIK menyampaikan tim gabungan satgas karlahut semaksimal mungkin melakukan pemadaman api.

” Kita juga telah menginstruksikan kepada Kapolsek dan Babin kamtipmas untuk rutin melakukan patroli dan mencegah terjadinya karlahut diwilayah kerjanya. Kepada masyarakat juga dihimbau tidak melakukan aktifitas pembakaran dengan alasan apapun,” ucapnya.

Kepala BPBD Pelalawan
Hadi Penandio didampingi kastpol PP dan Damkar menyampaikan tim gabungan satgas karlahut yang sedang melakukan pemadaman terdiri dari TNI, Polri, BPBD, sarpol pp dan damkar, reksam disbun, rpk arara abadi dan sinar mas.

” Ya kebakaran berlangsung sejak 2 hari yang lalu. Api tidak membesar dikarenakan kondisi gambut dibawah yang basah meski semak belukar dalam kondisi kering. Tim darat dan udara terus melakukan pemadaman,” ucapnya. (zoelgomes)

  • Bagikan