Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD BLUD Selasih MoU Dengan Kemenag Pendampingan Bimbingan Rohani Keluarga dan Pasien

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Guna meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  BLUD Selasih Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan menggelar MoU kerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan dalam pendampingan bimbingan rohani bagi keluarga dan pasien terutama dalam kondisi kritis pada Senin (25/2/2019) lalu di aula RSUD BLUD Selasih Pangkalan Kerinci.
Hal ini dibenarkan oleh dr. Zul Anwar  Direktur RSUD BLUD Selasih Pangkalan Kerinci kepada riaudetil.com,Sabtu (2/3/2019).Menurutnya, MoU yang dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci.
” Kita merespon apa yang menjadi keinginan keluarga maupun pasien selama ini.Hal ini Kita koordinasikan ke Kemenag Pelalawan dan direapon positif. Tak hanya akan bimbingan agama atau rohani kepada yang muslim,bimbingan juga akan diberikan kepada non muslim seperti nasrani.Untuk tekhnisnya akan diserahkan sepenuhnya kepada Kemenag Pelalawan.Pentingnya bimbingan spiritual dalam kesehatan telah menjadi ketetapan WHO yang menyatakan aspek agama ( spiritual ) merupakan salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya ( WHO, 1984 ),” ucapnya.
Terpisah, H.M.Rais,M.Pd.I Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan kepada riaueditor. com membenarkan telah dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara RSUD BLUD Selasih dengan Kemenag Pelalawan.
Dikatakannya, apa yang telah dilakukan oleh pihak RSUD BLUD Selasih Pangkalan Kerinci merupakan hal yang positif dan sangat bermanfaat bagi keluarga ataupun pasien yang kritis.
” Kita akan mempersiapkan penyuluh agama untuk memberikan pendampingan bimbingan rohani baik bagi keluarga agar senantiasa bersabar dan berdo’a begitupun bagi pasiennya memberikan ketenangan, kedamaian dan kesejukan hati kepada pasien dengan senantiasa memberikan dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, tawakal dan tetap menjalankan kewajibannya sebagai hamba.Sehingga jika ada permintaan penyuluh agama dari keluarga atau pasien ke pihak RSUD Selasih maka akan dilanjutkan ke Kemenag dan mengirimkan penyuluh agama,” ucap Kakan Kemenag.
Ditambahkannya, saat ini ada 18 penyuluh agama dibawah koordinasi Kemenag Pelalawan. Nantinya, 18 penyuluh akan dikumpulkan dan dibimbing MUI untuk diseleksi sehingga terpilih yang akan berkomitmen melakukan penyuluhan agama di RSUD Selasih.
” Tak hanya mempersiapkan penyuluh untuk muslim saja, juga dipersiapkan penyuluh rohani bagi yang nasrani dengan penyertaan surat tugas, ” tukasnya.  (Zoel)
  • Bagikan