Bioteknologi Balitbangtan Kembangkan Jeruk Medan Seedless

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat digemari di mana-mana. Ini disebabkan keunggulan buah yang rasanya enak (manis), bergizi tinggi, penampilannya menarik dan mudah cara mengkonsumsinya.

Sebagian jeruk impor digemari karena sebagian sudah memenuhi preferensi pasar yaitu warna buah menarik, mudah dikupas dan seedless (tidak semua).

Untuk menekan impor salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah perlunya meningkatkan mutu dan jumlah jeruk nusantara . Beberapa jenis jeruk nusantara memiliki kelemahan antara lain kali bijinya banyak, warna kurang menarik dan rasanya agak masam. Karena itu, karakter seedless yang tidak memiliki biji atau bijinya sangat sedikit merupakan salah satu karakter buah jeruk yang sangat diinginkan.

Melakukan pemuliaan untuk menghasilkan jeruk seedless merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas jeruk kita. Pemuliaan jeruk untuk karakter seedless sebenarnya sulit dilakukan dengan cara konvensional melalui persilangan seksual karena terkendala steriliitas jantan yang umum pada jenis jeruk seedless. Untuk mengatasi kendala tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan melalui aplikasi bioteknologi selular.

Pendekatan bioteknologi selular untuk menghasilkan buah seedless adalah dengan merakit tanaman triploid yang akan menghasilkan buah seedless. Ini dapat terjadi karena ketidakseimbangan perpasangan kromosom saat gametogenesis. Pada jeruk, perakitan tanaman triploid dapat dilakukan dengan menyilangkan tanaman diploid monoembrionik sbg induk betina dengan tanaman tetraploid.

Namun, menurut Peneliti Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika (BB Biogen), Dr. Mia Kosmiatin di Indonesia hal ini tidak dapat dilakukan karena plasma nutfahnya belum ada. Karena itu, Perakitan tanaman triploid dapat dilakukan dengan mengkulturkan dan meregenerasikan jaringan endosperma yang secara alami tingkat ploidinya triploid membentuk tanaman lengkap (individu baru).

Balitbangtan sudah berhasil meregenerasikan jaringan endosperma jeruk Siam Medan. Hasil buah pada musim buah yang pertama menunjukkan karakter buah seedless. Tanaman triploid jeruk Siam Medan tersebut saat ini sedang berbuah yang kedua kali dan selanjutnya akan di lakukan uji kebenaran sebelum didaftarkan sebagai VUB tanaman jeruk siam medan triploid atau seedless.

Semoga jeruk ini segera dapat didaftar dan selanjutnya diperbanyak dan disebarkan agar dapat meningkatkan pendapatan petani, mutu gizi masyarakat sekaligus menghemat devisa. (Mia Kosmiatin/Mastur)

  • Bagikan