Kemenkes RI Sebut Masyarakat Jangan Panik Terkait Virus Corona, Sekjen Kemenkes: Pemerintah Ada Untuk Mencegah Ini

  • Bagikan
ilustrasi
RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) berharap bahwa daerah yang ada di Indonesia bergandeng tangan untuk mengatasi virus corona (Corovid-19) yang sedang beredar ini.
“Daerah harus bersatu dengan Pemerintah Pusat untuk menguatkan antisipasi-antisipasi virus corona ini. Rumah Sakit (RS) rujukan di daerah juga upaya-upaya untuk penanganan terhadap pasien virus corona,” kata Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Oscar Primadi, Rabu (11/3/2020).
Selain itu, daerah-daerah di Indonesia yang terindikasi virus corona juga harus melakukan komunikasi terhadap masyarakat, bagaimana cara mencegah virus yang sedang beredar ini.
“Masyarakat jangan terlalu panik, yang pasti pemerintah ada tentunya untuk melakukan pencegahan virus ini. Tentunya kami bersama-sama dengan Dinas Kesehatan di Indonesia mengawal ini semuanya,” tuturnya.
“Jika ada masyarakat yang mengara kepada virus ini, segera mengecek ke Puskesmas yang terdekat. Gejala virus ini kan sebenarnya seperti gejala biasa gitu seperti flu, demam batuk. Apabila masyarakat terdapat gejala tersebut, silahkan datang ke pusat pelayanan kesehatan yang disediakan,” pungkasnya.
Lebih jauh, terkait masalah masker yang langka di Riau, Sekjen sebut bahwa masyarakat yang tidak sakit tidak perlu menggunakan masker.
“Yang menggunakan masker kan orang yang sakit, jika tidak sakit ya jangan dibeli, karena itu mungkin masker di Riau jadi langka. Peruntukan masker itu yang jelas untuk orang yang sakit,” pungkasnya.(bin)
  • Bagikan