Persiapan Embarkasi Haji Antara Riau Dimatangkan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait di tingkat Pemerintah Pusat. Langkah ini dilakukan untuk mengoptimalkan rencana persiapan embarkasi haji antara Riau.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan Embarkasi Haji Antara Riau dari Kementrian Agama (Kemenag) RI. Diharapkan acuan penetepan pelayanan haji untuk jemaah tersebut dapat diterima dalam waktu dekat ini.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat. Untuk rencana pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji asal Riau tahun ini kita masih menunggu penataan SK dari Kementerian Agama,” ujar Gubernur Riau Syamsuar di Kantor Gubernur Riau, Selasa (25/2/2020).

Untuk mengoptimalkan rencana tersebut, Gubri telah meminta Asisten I Setdaprov Riau untuk mengawal persiapan tersebut. Pasalnya surat usulan penetapan embarkasi haji antara Riau tersebut sudah lama disampaikan Pemprov Riau ke Kemenag RI.

Sementara itu Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofie mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Dimana pihaknya bersama dengan pihak terkait, termasuk Kanwil Kemenag Riau akan menggelar rapat bersama membahas hal tersebut.

Untuk keterlambatan SK embarkasi haji antara Riau bukan hanya terjadi untuk Riau. Dari informasi yang dihimpun, Kemenag RI memang belum ada mengeluarkan SK penetapan embarkasi haji antara di semua daerah yang sudah mengajukan penetapan embarkasi haji antara ke Kemenag RI beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, direncanakan Kemenag RI akan mengeluarkan secara kolektif untuk semua daerah yang sudah mengajukan. Termasuk di Provinsi Riau yang sudah lama menantikannya.(mcr)

  • Bagikan